Sukses

Kiat Maksimalkan Manfaat Balkon Sempit

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan balkon pada sebuah hunian tak hanya menambah estetika ruang, balkon juga merupakan aset penting yang dapat menyempurnakan hunian Anda. Balkon dapat menjadi teras untuk menikmati matahari pagi atau tempat yang sempurna untuk menikmati kopi tanpa harus keluar rumah.

(Baca juga: Mau Bikin Balkon Ramah Anak. Ini Caranya!)

Tak masalah sekalipun area balkon yang Anda miliki tidak terlalu luas, bahkan mungkin sempit jika rumahnya bergaya minimalis. Ada banyak cara menyiasatinya. Contek enam ide dari Rumah.com berikut agar balkon yang sempit menjadi kaya manfaat.

1. Sudut bersantai dengan zen desain

Kehadiran ketiga elemen ini akan membuat teras hunian menjadi tempat yang sempurna untuk berelaksasi mengusir penat setelah seharian beraktivitas.

Desain zen menonjolkan kesederhanaan dan nuansa alam. Desain zen cenderung simple sehingga Anda tak perlu repot menyiapkan ornamennya. Cukup gunakan tiga elemen dasar yang dapat membuat  Anda relaks, yaitu kayu, batu putih kecil, dan tanaman hijau (khusus bambu).

Kehadiran ketiga elemen ini akan membuat teras hunian menjadi tempat yang sempurna untuk berelaksasi mengusir penat setelah seharian beraktivitas. Anda juga bisa menambahkan kursi atau bean bag untuk bersantai.

2. Ruang tamu outdoor

Spot terbaik untuk mencari angin saat cuaca panas. Tambahkan dengan payung atau kanopi kecil agar semakin nyaman.

Berikan tamu Anda pengalaman berbeda saat berkunjung ke hunian Anda. Jadikan balkon sebagai ruang tamu Anda. Lengkapi dengan sofa ganda dan dua single sofa, serta sebuah meja.

Tempat ini akan menjadi tempat favorit bagi tamu Anda. Spot terbaik untuk mencari angin saat cuaca panas. Tambahkan dengan payung atau kanopi kecil agar semakin nyaman.

3. Taman Hijau

Tutup seluruh lantai balkon menggunakan rumput sintetis. Lalu tambahkan beberapa tanaman hias untuk mempercantik taman balkon.

Jika Anda menyukai nuansa alam, Anda dapat menyulap balkon mungil menjadi taman hijau yang indah. Caranya mudah saja. Tutup seluruh lantai balkon menggunakan rumput sintetis. Lalu tambahkan beberapa tanaman hias untuk mempercantik taman balkon.

1 dari 2 halaman

Tips Manfaatkan Balkon Sempit

4. Area barbeque

Balkon merupakan spot yang tepat untuk area barbeque karena asapnya akan langsung menguap tanpa membuat ruang penuh asap.

Jika Anda berniat mengundang sahabat untuk sekadar makan bersama, manfaatkan area balkon sebagai area barbeque. Letakkan peralatan barbeque di balkon mini Anda dengan satu atau dua meja kecil untuk tempat penyajian.

Nantinya tamu dapat mengambil untuk dibawa makan ke dalam. Balkon merupakan spot yang tepat untuk area barbeque karena asapnya akan langsung menguap tanpa membuat ruang penuh asap.

5. Tempat bersantai sederhana

Buat area balkon senyaman-nyamannya untuk Anda beraktivitas sehingga balkon memiliki fungsi lebih, bukan hanya sebagai pajangan.

Jadikan balkon untuk area beraktivitas sehari-hari, seperti sarapan, ngopi sore, mengerjakan tugas, dan sebagainya. Lengkapi dengan furnitur sederhana favorit Anda.

(Simak juga: Ragam pilihan apartemen dengan harga mulai dari Rp200 jutaan)

Buat area balkon senyaman-nyamannya untuk Anda beraktivitas sehingga balkon memiliki fungsi lebih, bukan hanya sebagai pajangan.

6. Sudut estetik

Jadikan tempat menaruh koleksi tanaman hias, menambahkan ayunan, dekorasi menggunakan kotak-kotak kayu bekas yang dicat dengan warna-warna favorit.

Manfaatkan balkon sebagai sudut yang penuh dengan nilai estetika. Anda bisa berkreasi untuk mendekorasinya.

Misalnya dijadikan tempat menaruh koleksi tanaman hias, menambahkan ayunan, dekorasi menggunakan kotak-kotak kayu bekas yang dicat dengan warna-warna favorit lalu disusun menjadi dekorasi menarik.

 

Foto: Housing.com, Pinterest

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis
Artikel Selanjutnya
Jurus Menata Meja Makan di Rumah Minimalis