Sukses


Ini Caranya Berkebun di Balkon Apartemen

Tinggal di apartemen atau kosan tidak berarti Anda tak bisa bercocok tanam. Area balkon yang sempit bisa Anda sulap jadi area berkebun. Ini

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di hunian vertikal seperti apartemen tentunya ada plus dan minusnya. Plusnya apartemen cenderung dekat dengan pusat kota dan Anda tak perlu memikirkan kebersihan dan keamanan di bagian luarnya, karena sudah diurus pihak pengelola.

(Baca juga: 5 Cara agar Nyaman Tinggal di Apartemen Mungil)

Tapi apa minusnya? Ruangannya yang terbatas sehingga Anda tidak bisa berkebun atau gardening. Eits, belum tentu! Tinggal di apartemen atau kosan tidak berarti Anda tak bisa bercocok tanam. Area balkon yang sempit bisa Anda sulap jadi area berkebun, kok. Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, ini caranya!

Gunakan area pinggiran balkon

Tanam bunga menggunakan pot dan pastikan pot memiliki alas untuk menyimpan kelebihan air.

Agar Anda tetap bisa berdiri di balkon yang sempit, jangan gunakan seluruhnya sebagai area menanam. Gunakan hanya bagian pinggirnya, dan tambahkan karpet atau alas di bagian tengah sehingga Anda tetap dapat menikmati panorama luar di balkon.

Tanam bunga menggunakan pot dan pastikan pot memiliki alas untuk menyimpan kelebihan air. Air yang tersisa sebaiknya segera dibuang agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Gunakan wadah

Gunakan wadah (tidak harus pot) untuk menjadi media bercocok tanam.

Batasi jumlah tanaman yang akan Anda letakkan di balkon. Jika memang balkon Anda mungil, sebaiknya tidak lebih dari empat jenis tanaman.

Gunakan wadah (tidak harus pot) untuk menjadi media bercocok tanam. Misalnya Anda bisa menggunakan ember bekas, kaleng bekas, atau guci bekas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Berkebun di Apartemen

Gunakan rak di salah satu sisi

Pasanglah rak-rak kayu di dinding lalu letakkan pot-pot tanaman dengan rapi di rak tersebut.

Mengakali balkon sempit bisa dengan hanya menggunakan cara menanam di salah satu sisinya. Contohnya, Anda hanya menggunakan sisi dinding sebelah kiri sebagai area berkebun. Pasanglah rak-rak kayu di dinding lalu letakkan pot-pot tanaman dengan rapi di rak tersebut.

(Simak juga: Aneka pilihan apartemen dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

Tanam dan menghadapke luar

Perhatikan banyaknya air saat menanam, jangan sampai sisa air menetes dan menimpa ke orang lain yang ada di bawah Anda.

Anda tetap bisa menanam sayuran di balkon apartemen. Gantungkan rak atau pot ke arah luar sehingga bagian dalamnya tetap bisa digunakan untuk tanaman lainnya.

Perhatikan banyaknya air saat menanam, jangan sampai sisa air menetes dan menimpa ke orang lain yang ada di bawah Anda.

 

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini