Sukses

Kiat Ampuh Usir Lalat dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta Memang mengesalkan, ketika Anda tengah asyik menikmati acara makan bareng keluarga atau arisan dengan teman, dan mendadak lalat masuk ke ruang makan lalu mengganggu aktivitas.

Masalahnya, bukan hanya suara sayapnya yang membuat bising di telinga tapi juga berisiko menyebarkan kuman penyakit. Apalagi kalau menu yang dihidangkan aromanya lumayan menusuk seperti makanan laut. Demi mengatasi gangguan ini, coba lakukan trik jitu dari Rumah.com berikut.

Gantung kantung berisi air

Pernah lihat resto atau warung yang menggantung kantung plastik bening berisi air di sekitar hidangannya? Anda pasti bertanya-tanya, apa korelasinya antara plastik isi air dengan lalat.

Faktanya, plastik isi air yang digantung di dekat lampu dan makanan akan mengacaukan pandangan lalat sehingga ia kebingungan menentukan targetnya. Lalat pun akan memilih pergi untuk mencari sumber makanan lain.

Baca juga: Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Mengatasinya!

1 dari 6 halaman

Menyalakan lilin

Letakkan beberapa lilin di sekitar makanan Anda, terutama di bagian tengah. Lilin menciptakan suasana hangat, dan ini akan terasa panas bagi lalat sehingga lalat memilih menghindarinya.

Saat memasang lilin, perhatikan nyala apinya agar tidak menyambar benda lain yang mudah terbakar seperti taplak meja atau tirai.

2 dari 6 halaman

Pastikan dapur bersih

Sisa makanan pasti sangat banyak ketika Anda mengadakan acara keluarga. Untuk itu, pastikan Anda segera membuang sisa makanan ke tempat sampah di luar rumah untuk mencegahnya menjadi sarang lalat.

Jangan lupa untuk langsung mengepel lantai yang terpapar sisa makanan lalu semprotkan obat pembasmi serangga di sekitar lantai dan tempat sampah Anda.

(Pilihan rumah Rp300 jutaan dengan dapur minimalis ada di sini)

3 dari 6 halaman

Gunakan perasan air lemon

Campur dua gelas air dengan air perasan dari dua buah lemon lalu masukkan ke botol spray. Semprotkan air campuran lemon ini ke sudut-sudut rumah, terutama yang dekat dengan ruang makan Anda. Aroma lemon cenderung dihindari lalat dan nyamuk, bahkan mencegah aroma amis.

4 dari 6 halaman

Gunakan daun beraroma

Beberapa jenis daun banyak yang memiliki aroma segar yang tidak disukai lalat. Anda cukup meletakkannya di dekat makanan—bahkan membuat makanan menjadi lebih harum.

Misalnya, letakkan daun mint dan kemangi di dekat makanan, aromanya yang segar membuat lalat malas datang ke rumah Anda.

5 dari 6 halaman

Gunakan aroma terapi

Jika tak mau repot, Anda bisa membakar aroma terapi untuk membuat ruangan lebih harum. Pilih aroma terapi yang beraroma rempah karena biasanya tak disukai lalat, misalnya vanila, sandalwood, mint, dan kayu manis.

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil