Sukses


Tinggal di Apartemen Mungil Tetap Nyaman dengan Trik ini!

Banyak cara untuk menjadikan apartemen mungil menjadi nyaman dihuni. Dan berikut enam cara untuk membuat apartemen Anda nyaman ditempati.

Liputan6.com, Jakarta Hari gini mencari apartemen berukuran luas memang sulit. Kalaupun ada, sudah pasti harganya selangit. Bahkan saat ini ukuran luas standar apartemen pun cenderung mungil. Maklum harga tanah dan hunian, apalagi di tengah kota, semakin melonjak.

(Baca juga: Panduan Beli Apartemen yang Aman dan Bebas Deg-degan)

Namun demikian, jangan jadikan ruangan sempit sebagai halangan untuk tinggal di apartemen. Ingat, kelebihan tinggal di apartemen adalah aksesibilitas dan faasilitas. Dan sebetulnya ada banyak cara untuk menjadikan apartemen Anda yang mungil menjadi nyaman dihuni.

Kuncinya, lakukan penataan ruang dengan tepat. Dan berikut adalah enam cara dari Rumah.com untuk membuat apartemen Anda nyaman ditinggali.

1. Isi dengan kegemaran Anda

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat Anda nyaman dan betah tinggal di apartemen tentu saja mengisi apartemen dengan hal-hal kegemaran Anda.

Jika Anda menyukai musik lengkapi dengan speaker Bluetooth dan ipod dock. Jika Anda gemar menonton film, lengkapi dengan televisi dan dvd player, atau berlangganan televisi kabel. Jika Anda gemar bermain game, jangan lupa angkut perangkat game ke apartemen.

Jika Anda gemar membaca siapkan pojok membaca yang cozy, misalnya dengan karpet dan bean bag. Hal-hal ini akan membuat Anda lebih nyaman di apartemen.

2. Rajin membuka jendela

Biasakan untuk membuka jendela apartemen di pagi dan malam hari. Udara pagi akan membuat ruang apartemen lebih sejuk sehingga menambah energi dan mood positif sebelum beraktivitas. Selain itu, membantu sirkulasi udara tetap lancar sehingga apartemen terasa nyaman.

Jangan lupa membersihkan kaca jendela setiap satu minggu sekali untuk menjaga kejernihan kaca agar tak menghalangi pandangan Anda. Kaca yang jernih akan membuat Anda relaks saat memandang view keluar.

3. Tanaman dalam ruang

Taruh 1-2 tanaman pot di dalam ruang apartemen. Sebagian orang menghindari hal ini karena dianggap akan mempersempit ruang. Namun adanya tanaman dalam ruang sangat berguna untuk membuat udara tetap sejuk dan membuat tampilan apartemen tetap segar.

Anda bisa menempatkan tanaman pot pada rak dinding, di pinggir jendela, atau di sudut ruang sehingga tidak memakan tempat atau mengganggu aktivitas Anda. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak perlu disiram setiap hari, misalnya kaktus, lidah mertua, atau sirih gading.

Trik Tinggal di Apartemen Mungil

4. Cerdik memilih furnitur

Tinggal di apartemen mungil mengharuskan Anda lebih kreatif dan cerdas, terutama dalam memilih furnitur. Pilih furnitur berdesain sederhana namun modern. Hindari menggunakan furnitur dengan banyak ornamen, seperti kayu ukir, dan sebagainya.

Hal itu akan membuat ruang apartemen tampak ‘penuh’. Saat ini sudah banyak, kok, pasaran yang menjual furnitur yang didesain khusus untuk apartemen mungil. Anda tinggal pilih sesuai selera.

5. Area tidur senyaman mungkin

Hal ini tak kalah penting untuk dilakukan, buatlah area di sekitar tempat tidur Anda senyaman mungkin. Pilih kasur yang nyaman dengan ukuran yang tepat. Usahakan tidak ada pernak-pernik yang mengganggu di sekitar area tidur.

(Simak juga: Ragam pilihan apartemen dengan harga di bawah Rp300 jutaan)

Jika menyukai suasana temaram, siapkan lampu meja di pinggir kasur menggunakan drawer. Singkirkan peralatan elektronik dari sekitar area tidur. Dengan begitu Anda akan merasa nyaman saat beristirahat dan dapat menggunakan waktu tidur dengan maksimal.

6. Ruang penyimpanan

Tinggal di apartemen mungil menuntut Anda untuk selalu rapi dan bersih. Sedikit saja berantakan akan membuat apartemen tak nyaman dihuni. Karena itu lengkapi apartemen Anda dengan banyak ruang penyimpanan.

Anda bisa menyediakan satu lemari untuk ‘gudang’ atau lengkapi apartemen Anda dengan furnitur multifungsi yang sekaligus didesain sebagai ruang penyimpanan. Dengan demikian, apartemen Anda tidak tampak sesak dengan barang-barang dan selalu terlihat rapi.

 

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.