Sukses

Tidur Lebih Nyenyak dalam 5 Langkah

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya pekerjaan dan segudang aktivitas yang Anda jalankan seharian seringkali tak lantas dapat membuat Anda tertidur lelap saat sampai di rumah. Padahal banyak hal sudah Anda lakukan agar bisa terlelap, namun apa daya semakin keras Anda berusaha maka semakin susah Anda memejamkan mata.

(Baca juga: Tips Mengubah Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak)

Jika hal itu terjadi pada Anda, jangan buru-buru menyalahkan diri. Sebaiknya perhatikan sekeliling kamar Anda. Apakah sudah cukup nyaman untuk dijadikan ruang beristirahat? Jika belum, simak beberapa tips dari Rumah.com untuk menciptakan kamar tidur yang dapat membuat Anda tertidur lebih nyenyak.

1. Suhu yang tepat

Jika kamar Anda menggunakan pendingin ruang, setel suhu di angka yang tepat sehingga tidak membuat Anda kegerahan atau kedinginan di malam hari. Idealnya suhu yang pas untuk melewati tidur malam hari adalah 21 derajat Celcius.

Suhu ini akan menjaga tubuh Anda sejuk hingga pagi hari dan membuat Anda merasa segar saat bangun pagi. Sementara jika Anda menggunakan kipas angin biasa, pasang kipas angin pada kecepatan terendah dan biarkan kipas angin berputar (bukan didiamkan menuju ke arah Anda).

Percayalah, kedua cara ini tidak akan membuat Anda kegerahan atau kedinginan di malam hari.

2. Bedcover yang tebal dan hangat

Bedcover berkualitas dengan tebal yang pas dan berbahan dingin akan membuat tidur Anda lebih nyaman. Lingkupi seluruh tubuh Anda menggunakan bedcover saat tidur. Selain menghalau suhu dingin, bedcover juga menghalau nyamuk yang ingin menganggu. Dijamin tidur Anda akan semakin nyenyak.

5 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak

3. Pilih lampu temaram

Gunakan lampu bercahaya temaram saat tidur. Cahaya temaram akan membuat mata Anda beristirahat lebih optimal dan membuat tidur lebih nyenyak. Anda bisa menggunakan lampu nakas, atau membeli lampu tidur yang langsung dihubungkan ke setop kontak.

Bagi Anda yang terbiasa tidur dengan lampu terang, cobalah sesekali merasakan tidur dengan lampu temaram. Anda akan merasakan perbedaannya.

4. Bantal berkualitas

Jangan remehkan pemilihan bantal untuk kamar tidur Anda. Salah memilih bantal dapat berakibat fatal untuk kesehatan Anda. Lengkapi kamar tidur dengan bantal berkualitas. Tak ada salahnya mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperoleh manfaat kesehatan yang lebih baik.

(Simak juga: Aneka perumahan dengan udara yang sejuk dengan harga mulai dari Rp500 jutaan)

Idealnya, Anda melengkapi kamar dengan dua bantal dan dua guling. Adanya bantal dan guling di tempat tidur akan membuat tidur Anda lebih nyaman dan nyenyak.

5. Pengharum aromaterapi

Untuk menambah relaksasi di kamar, Anda dapat memasang aromaterapi di kamar. Mencium wangi aromaterapi saat mata terpejam dapat membuat pikiran lebih tenang dan rileks. Tidur pun menjadi lebih lelap. Pilih aroma yang paling Anda sukai.

Anda juga bisa menambahkan dengan menyetel audio yang membantu Anda lebih relaks, misalnya audio bunyi gemericik air, embusan angin, dan suara alam lainnya.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Bukan Main Smartphone, 5 Kebiasaan Tidur Ini Buat Cepat Sukses