Sukses


Tips Padu Padan Furnitur Kayu Terbaru

Furnitur kayu juga bisa bersanding apik dengan ruang yang modern dan kekinian. Berikut adalah tips padu padan terbaru untuk furnitur kayu.

Liputan6.com, Jakarta Furnitur kayu faktanya memang punya pesona yang luar biasa dalam menghias sebuah ruang. Asalkan Anda cerdik memadupadankan dengan elemen lain, furnitur kayu akan menciptakan kesan klasik sekaligus elegan.

(Baca juga: Kiat Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan)

Selain itu, karakteristiknya yang khas juga akan membuat ruangan terlihat jadi berbeda. Tapi jangan menganggap bahwa furnitur kayu hanya bisa diterapkan untuk tema tradisional saja. Pasalnya, furnitur kayu bisa juga kok bersanding apik dengan ruang yang modern dan kekinian.

Dan berikut ini adalah beberapa inspirasi dari Rumah.com yang bisa Anda terapkan untuk membuat furnitur kayu terlihat lebih memukau.

1. Pilih warna cat yang sesuai

Warna cat dinding memiliki fungsi tersendiri dalam sebuah ruangan. Misalnya warna putih yang berfungsi untuk menambah kesan luas, warna cokelat memberikan kesan hangat, warna abu-abu memberikan kesan modern, atau cat berwarna biru yang memberikan kesan sejuk.

Warna cat dinding pada sebuah ruang akan memberikan pengaruh besar pada tampilan ruang secara keseluruhan. Sementara perlu Anda ingat bahwa tidak semua warna cocok dipadankan dengan furnitur kayu.

Karena itu, jika Anda memiliki furnitur kayu, pikirkan dahulu warna cat yang cocok untuk dipadankan dengan furnitur kayu yang umumnya berwarna cokelat. Warna putih, krem, broken white, kuning, salem, merupakan beberapa pilihan warna yang cocok dipadupadankan dengan furnitur kayu.

Padu Padan Furnitur Kayu

2. Padukan dengan kain yang sesuai

Kain yang dimaksud dalam hal ini adalah seluruh unsur bermaterial kain di dalam hunian Anda. Misalnya, gorden, taplak meja, sprei, dan sarung bantal sofa. Furnitur kayu akan tampak lebih hidup jika dipadankan dengan kain bermotif.

Anda dapat memilih motif batik, floral, abstrak, kotak-kotak, atau atau motif lain yang unik. Jika furnitur kayu berada di ruang keluarga, jangan lupa menambahkan alas karpet untuk membuatnya semakin hidup. Anda bisa memilih jenis karpet tebal berbahan bulu untuk menciptakan kesan elegan dan mewah.

3. Perkuat unsur tradisional dengan ornamen kayu

Furnitur kayu identik dengan kesan tradisional. Karena itu, jangan tanggung-tanggung dalam menciptakan nuansa tradisional yang sudah tercipta dengan sendirinya. Perkuat kesan tradisional dengan menambahkan beragam ornamen kayu lain di sekitarnya.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Misalnya, skulptur dari kayu, lukisan dinding, atau hiasan meja dari kayu. Anda juga bisa memajang oleh-oleh traveling khas Indonesia. Meski sederhana, keberadaan ornamen-ornamen kayu ini dapat memperkuat kesan tradisional yang ingin ditampilkan.

 

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.