Sukses


Kunci dan Handphone Sering Hilang? Ini Tipsnya!

Simak beberapa cara cerdas mencegah kehilangan kunci dan smartphone di rumah berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, terutama yang pelupa, kehilangan benda penting seperti kunci dan smartphone mungkin sudah menjadi hal yang sering terjadi. Ironisnya hal tersebut justru sering terjadi saat berada di dalam rumah.

(Baca juga: Yuk, Tanam Sayur yang Bisa Dikontrol Lewat Smartphone!)

Tentu saja Anda harus melakukan langkah preventif atau antisipatif sebelum hal tersebut terjadi. Karena, tentu saja hal ini akan menghambat kegiatan sehari-hari, apalagi jika di tengah kondisi mendesak atau tergesa-gesa.

Untuk itu simak beberapa cara cerdas dari Rumah.com untuk mencegah kehilangan kunci dan smartphone di rumah berikut ini!

1. Beri wadah penyimpanan sendiri

Salah satu alasan mengapa suatu benda mudah hilang adalah karena mereka tidak memiliki wadah penyimpanan sendiri. Untuk mencegah kehilangan kunci maka buatkan wadah atau lokasi khusus untuk meletakkan mereka setiap kali Anda tiba di rumah.

Tempat ini bisa berupa mangkuk atau pengkait yang bisa untuk menggantungkan kunci. Dengan begitu jika ada anggota keluarga lain yang ingin meminjam mereka bisa meletakkannya kembali di tempat yang benar.

2. Kurangi benda berserakan

Semakin sedikit benda yang ada di dalam rumah maka akan semakin sedikit “tempat tersembunyi” yang bisa menjadi tempat hilangnya benda berukuran kecil seperti kunci. Jika Anda menjaga rumah tetap tertata rapi, sangat mudah menemukan benda yang tidak sesuai pada tempatnya.

Sebaiknya kurangi benda yang tidak sesuai di ruang tamu seperti peralatan kantor atau mainan di ruang keluarga.

3. Setel ponsel dengan pengaturan berdering

Smartphone atau ponsel pintar adalah benda yang sering diletakkan di sembarang tempat. Cara paling mudah untuk menemukan ponsel yang hilang adalah dengan meneleponnya.

Namun apabila ponsel disetel silent (tidak berdering) atau tidak bergetar maka cara tersebut akan percuma. Jadi untuk upaya preventif, selalu setel ponsel dengan pengaturan bersuara.

Tips agar Kunci dan Handphone Tidak Hilang

4. Manfaatkan teknologi

Ada beberapa produk yang didesain supaya mudah dilacak keberadaannya. Anda bisa memanfaatkan perangkat pelacak alat komunikasi seperti Tile yang bisa ditempel pada setiap benda.

Jadi ketika hilang, Anda bisa menemukannya dengan mudah dari pelacak GPS. Untuk smartphone, ada aplikasi Find My Phone milik Apple yang bisa dicek melalui desktop.

5. Jangan panik

Dikutip dari buku “12 principles for finding any lost object”, Solomon, si penulis, menyarankan supaya Anda jangan panik ketika mencari benda yang hilang. Menurutnya, masalah tersebut ada pada diri Anda, bukan pada barang yang hilang.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah dengan harga di bawah Rp200 juta)

Jadi untuk mempercepat proses penemuan, ada baiknya berhenti sejenak dan berpikir dengan jernih supaya bisa mengingat-ingat kapan terakhir kali meletakkan benda tersebut.

6. Mencari dengan cerdas

Jika Anda sudah merasa tenang dan percaya diri bisa menemukan benda tersebut, maka proses pencarian akan lebih mudah. Buat rencana pencarian benda tersebut. Lakukan secara sistematis dari satu ruangan ke ruangan lain, dimulai dari tempat terakhir Anda meletakkannya.

Selain itu, pastikan mengecek setiap tempat yang mungkin menjadi tempat bernaungnya benda hilang tersebut. Jangan habiskan waktu melihat area yang tidak Anda temukan benda berkali-kali.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini