Sukses


Cicilan KPR Aman, Gaul Pun Nyaman

Agar acara senang-senang bareng teman-teman tetap lancar dan cicilan KPR juga lancar, simak tips berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Setiap minggu pasti ada salah satu teman atau kolega Anda yang suka mengajak hang out atau nongkrong bareng. Tempatnya pun beragam, ada yang mengajak makan siang di restoran kasual atau sekedar ngopi santai di kedai.

(Baca juga: Hindari 7 Hal ini agar Pengajuan KPR Anda Tidak Ditolak)

Apabila satu kali pertemuan rata-rata menghabiskan Rp50.000 maka bisa dikalkulasi bujet bersosialisasi yang harus disisihkan untuk satu bulan. Untuk profesional muda, memiliki koneksi luas memang sangat penting karena bisa membantu mengembangkan kemampuan interpersonal atau bisnis yang sedang dirintis.

Di sisi lain, Anda juga harus bisa mengelola keuangan dengan bijak. Apalagi jika Anda memiliki cicilan kredit perumahan (KPR), yang nominal cicilannya cukup besar. Bingung bagaimana cara membuat keduanya tetap berjalan seimbang? Simak beberapa tips hemat dari Rumah.com agar tetap bisa gaul bersama teman.

1. Bertemu di Jam Happy Hour

Salah satu cara populer untuk bersosialisasi ala professional muda adalah dengan bertemu teman di restoran atau kedai kopi. Namun jangan salah, harga segelas kopi di kafe terkenal bisa cukup mahal, loh!

Untuk mengendalikan pengeluaran, perhatikan promo happy hour yang mungkin ada di kafe tersebut. Kemudian tentukan waktu pertemuan di jam tersebut supaya Anda mendapat potongan harga ketika memesan.

2. Pilih Makan Siang Ketimbang Makan Malam

Jika Anda diajak pergi keluar bersama teman-teman, waktu yang dipilih biasanya adalah malam hari. Nah, kalau ingin sedikit berhemat, sebaiknya atur waktu pertemuan di siang atau sore hari. Sebab, menu makan di restoran siang hari biasanya lebih murah ketimbang malam.

Dengan makan di sore hari, maka di malam hari perut Anda tidak akan merasa terlalu lapar sekalipun diajak pergi hangout bersama teman.

3. Beli Kupon Promo

Ada beberapa marketplace yang menjual kupon promo dari merchant populer seperti Fave by Groupon dan Dealoka. Potongan harga yang ditawarkan pun cukup menggiurkan, hingga 90 persen!

Membeli kupon promo memang bisa membantu Anda menghemat pengeluaran untuk bersosialisasi dengan teman. Apalagi jika Anda ingin mentraktir makan mereka dengan bujet hemat.

Namun, kupon promo biasanya memiliki syarat ketentuan yang harus dipahami, seperti tanggal berlaku kupon atau wajib reservasi sebelum datang ke lokasi.

(Simak juga: Aneka pilihan perumahan dengan harga di bawah Rp200 juta)

4. Acara Makan di Rumah ala Potluck

Bersosialisasi dengan teman tidak harus pergi makan ke luar, kok! Anda juga bisa membuat acara makan-makan seru di rumah. Belakangan ini tren makan bersama ala liwetan tengah menjadi viral di sosial media.

Supaya praktis, setiap orang yang datang harus membawa satu menu makan. Tidak terasa, akan banyak menu makan dan minuman yang tersedia untuk semua. Dengan begitu Anda tidak kerepotan memasak dan tentunya bisa lebih menghemat pengeluaran, kan?

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini