Sukses


Tepis Nuansa Horor di Rumah Tua

Kendati sudah dicat ulang dengan warna modern, tetap saja tak menghilangkan ‘aroma’ tuanya.

Liputan6.com, Jakarta Mendapat rumah lungsuran dari orang tua atau kakek nenek pastinya sangat menyenangkan. Meski rumah tua, minimal Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli rumah baru yang harganya cukup menguras kantong, terlebih jika berada di lokasi favorit.

Sayang, beberapa orang merasa rumah tua —walau pondasinya masih bagus— tetap memiliki kesan angker. Kendati sudah dicat ulang dengan warna modern, tetap saja tak menghilangkan ‘aroma’ tuanya.

Agar rumah tua tidak terlihat seperti rumah-rumah setingan film horor, dikutip Rumah.com ini dia yang bisa Anda lakukan.

Ganti perabotan

Meski bagian luarnya tua, bukan berarti bagian dalamnya harus tua juga, kan? Perabotan tua tak semuanya bisa bertahan lama, jadi akan lebih baik jika Anda menggunakan perabotan modern untuk bagian dalam rumah.

Sofa-sofa minimalis dengan warna abu-abu, dusty pink, krem, atau baby blue akan mempercantik rumah Anda.

Percantik halaman

Jangan biarkan pohon besar menjulang tinggi di depan rumah Anda. Jika memang ingin ada tanaman perindang, sebaiknya gunakan pohon yang artistik. Misalnya ketapang kencana atau cemara udang. Lalu percantik halaman dengan kolam ikan dan tanaman bunga yang cerah.

Baca juga: Trik Hemat Renovasi Rumah Tua

Ubah jendela

Bila jendela rumah lama menggunakan jendela yang memanjang vertikal dan menggunakan penutup jendela seperti pintu, ubahlah jendela itu.

Padukan rumah lama dengan jendela modern yang simpel untuk menghilangkan kesan seram. Bisa juga tambahkan pot bunga di pinggiran jendela.

Ganti lantai

Kebanyakan rumah tua menggunakan lantai keramik berwarna gelap yang menimbulkan rasa dingin. Yuk, ganti lantai dengan lantai kayu atau parket yang jauh lebih memberikan kesan hangat dan nyaman. Bahkan Anda pun bebas duduk santai di lantai.

Rumah baru di pinggir kota harga di bawah Rp700 jutaan. Mau?

Buat konsep terbuka

Jangan lagi ada sekat di dalam rumah, sebaliknya gunakan konsep terbuka. Begitu masuk ke dalam rumah, biarkan ruangan menyatu sehingga dari ruang tamu pun Anda bisa melihat ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

Tak hanya membuat suasana menjadi lebih akrab, konsep terbuka juga membuat rumah menjadi lebih lapang.

Tambahkan pengharum ruangan

Banyak yang bilang jika rumah tua punya aroma berbeda. Lazimnya tidak jauh dari aroma kayu cendana. Untuk itu, agar rumah menjadi lebih modern, gunakan pengharum ruangan yang menyegarkan seperti aroma lemon, lavender, cokelat, atau vanila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.