Sukses


Kiat Mengecat Dinding Eksterior yang Tepat

Untuk Anda yang ingin mencoba mengecat dinding eksterior sendiri, simak beberapa tips mudah berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pekerjaan renovasi rumah biasanya cukup menguras tenaga, salah satunya mengecat dinding eksterior. Tidak heran kalau beberapa orang memilih untuk mempercayakan tugas ini kepada tukang profesional.

(Baca juga: Ini Rahasia Bikin Ruangan Lebih Hidup dan Catchy)

Ya, apabila tidak dilakukan secara cermat dan benar, hasilnya bisa berpengaruh pada tampilan rumah dan bahkan ujung-ujungnya bisa berimbas ke harga jualnya. Untuk Anda yang ingin mencoba mengecat dinding eksterior sendiri, simak beberapa tips mudah dari Rumah.com berikut ini.

1. Lakukan perlahan

Apabila Anda baru pertama kali mengecat dinding, pekerjaan ini bisa menghabiskan waktu yang cukup lama, loh! Untuk itu jangan terlalu berambisi mengecat seluruh sisi dinding luar rumah dalam waktu satu hari.

Selain melelahkan, hasilnya pun belum tentu maksimal. Sebaiknya fokus pada satu sisi dinding saja dalam satu hari. Kemudian selesaikan sisi dinding lainnya di lain hari, begitu seterusnya. Pastikan hasilnya cukup sesuai dari dinding satu dan dinding lainnya.

2. Mulai dari bagian paling sulit dan membosankan

Menurut psikologi, Anda akan kesulitan melakukan pekerjaan apabila dimulai dari bagian paling mudah kemudian diakhiri pada pekerjaan di bagian tersulit.

Jadi daripada memulai daerah terluas dan terlebar sebaiknya mulai mengecat mulai dari area detil atau sudut yang sulit terlebih dahulu. Dengan begitu, sisanya Anda tinggal mengecat bagian tengah dengan cepat.

3. Sentuhan akhir yang mempermudah pekerjaan

Bingung memilih sentuhan akhir atau finishing yang tepat untuk dinding eksterior Anda? Banyaknya jenis cat finishing seperti satin, flat, atau bertekstur membuat Anda tergoda untuk mencobanya pada rumah sendiri.

Namun daripada bingung dan melakukan pekerjaan dua kali, sebaiknya pilih finishing paling sederhana. Jenis cat flat atau datar paling mudah dipulas ulang apabila nampak retak rambut pada permukaan dinding.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah berdesain cantik dengan harga di bawah Rp500 juta)

4. Perhatian ekstra untuk beberapa area penting

Ada beberapa area yang paling sering dilihat dari eksterior rumah. Area tersebut misalnya di bagian depan dan belakang pintu rumah dan dinding fasad yang mengarah ke jalan depan. Beri perhatian ekstra untuk area tersebut, sementara Anda bisa lebih santai mengecat bagian lainnya.

5. Pilih waktu yang tepat untuk mengecat rumah

Apabila Anda salah memilih musim atau waktu yang tepat untuk mengecat dinding luar rumah, maka akan mempengaruhi hasil pekerjaan akhirnya. Sekalipun Anda sudah memilih musim panas untuk mengecat, suhu kelembapan yang tidak pas juga bisa berpengaruh pada tekstur dan pengeringan cat.


Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini