Sukses


Selain Apartemen, Apa Lagi yang Bakal Dibangun Meikarta?

Kota baru Meikarta di kawasan koridor timur Jakarta bakal diisi gedung pencakar langit

Liputan6.com, Jakarta Lippo Group, perusahaan besar tengah membangun sebuah kota baru, Meikarta di Cikarang, Jawa Barat. Tahap pertama, pembangunan kota dimulai di atas lahan seluas 500 hektar dengan 200 unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Kota baru Meikarta di kawasan koridor timur Jakarta bakal diisi gedung pencakar langit. Biasanya gedung pencakar langit hanya ada di Dubai dan Amerika. Namun, gedung yang sama persis juga akan dibangun di Meikarta. Bangunan vertikal tersebut mencakup hunian dengan mengusung berbagai gaya arsitektur, yakni gaya Asia, Eropa, dan Amerika.

Menurut Presiden Meikarta Ketut Budi Widjaja, Meikarta sudah mulai membangun 250.000 perumahan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dalam tahap pertama, yang akan langsung menampung lebih dari satu juta komunitas perkotaan. Tahap pertama proyek akan diselesaikan dalam waktu sekitar tiga tahun.

Pembangunan Meikarta seluas 22 juta m2 tersebut sudah dirancang sejak 2014 dan pekerjaan fisik sudah dimulai sejak Januari 2016.

“Meikarta akan membangun sampai 100 gedung pencakar langit yang masing-masing memiliki 35-46 lantai,” ujar dia, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Bangunan kondominium yang ditawarkan bervariasi dengan ketinggian setiap menara mencapai 37 lantai. Tower Type A memiliki delapan unit di setiap lantainya, sedangkan Tower Type B memiliki 12 unit di setiap lantai.

Setiap unit yang ditawarkan memiliki tipe dua kamar tidur (2 bed room/BR), tiga tempat tidur (3BR), dan empat tempat tidur (4BR).

Meikarta nantinya akan menjadi kota terpadu ini memiliki letak yang strategis karena berdekatan dengan sejumlah proyek infrastruktur prioritas pemerintah.

Proyek pertama yaitu kereta cepat Jakarta-Bandung. Meikarta berada di tengah-tengah antara Jakarta dan Bandung sehingga masyarakat hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk ke Jakarta maupun ke Bandung.

Pelabuhan Patimban, pelabuhan internasional khususnya untuk ekspor impor lantaran lokasinya yang berada di dekat kawasan industri. Bandara Kertajati, bandara internasional yang akan menjadi daya tarik bagi wisatawan asing dan ekspatriat.

Pembangunan moda transportasi Light Rail Transit (LRT) dan Monorail. Keenam, pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek. Ada elevated toll road dengan stopping point-nya akan disambung oleh monorail. Semua infrastruktur tersebut, kata Jopy diperkirakan akan selesai pada 2019-2020.


(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini