Sukses


Saat Pindah Rumah Lakukan 8 Hal ini agar Dilimpahi Keberuntungan

Konon, kata orang-orang tua dulu pindah rumah tak boleh sembarangan alias ada aturannya. Simak 8 hal yang harus Anda lakukan saat pindahan!

Liputan6.com, Jakarta Pindah ke rumah baru sama artinya dengan memulai hidup baru. Dan kehidupan di rumah baru tentunya diharapkan akan lebih baik dari sebelumnya. Namun sebelum pindah rumah, ada beberapa hal yang harus Anda diperhatikan.

(Baca juga: Ini Estimasi Biaya Menggunakan Jasa Pindahan!)

Konon, kata orang-orang tua dulu pindah rumah tak boleh sembarangan alias ada aturannya supaya terhidar dari marabahaya dan agar keberuntungan selalu menyertai keluarga Anda di tempat baru. Untuk itu, simak 8 hal dari Rumah.com yang harus Anda lakukan saat pindah rumah.

1. Pastikan semua telah siap

Saat pindah rumah, pastikan semua hal di rumah baru sudah siap. Mulai dari perabotan, air, listrik, dan sebagainya. Dengan demikian Anda dapat langsung menempati dan beraktivitas seperti biasa.

Hal ini penting dilakukan untuk untuk menghindari keributan yang disebabkan ketidaksiapan akibat pindah ke rumah baru.

2. Pilih hari baik

Menurut beberapa kepercayaan di Indonesia, sebaiknya Anda memilih hari baik sebelum pindah rumah. Misalnya, masyarakat Jawa Timur percaya bahwa pindah rumah tidak baik dilakukan saat musim hujan atau bulan puasa.

Cukup logis karena pindah di musim hujan tentu akan merepotkan saat proses pengangkutan perabotan. Sementara di bulan puasa tentu akan menguras tenaga. Lain lagi dengan masyarakat Jawa Tengah yang biasanya menggunakan hari lahir untuk menentukan hari baik.

Boleh dipercaya atau tidak, mungkin Anda bisa sekadar menghormati budaya memilih hari baik.

3. Jangan pindah malam hari

Hindari pindah rumah di malam hari karena akan lebih merepotkan karena penerangan di luar minim. Belum lagi akan membuat kegaduhan yang mengganggu tetangga Anda. Pindah rumah di malam hari juga dapat mengundang penjahat untuk mengincar rumah Anda.

Idealnya, proses pindah rumah dilakukan sejak pagi dan berakhir tengah hari sekitar pukul 13.00, agar pemilik rumah dapat beristirahat setelahnya. Setelah istirahat Anda memiliki waktu untuk lanjut merapikan perabot-perabot dalam hunian.

4. Mengundang tetangga sekitar

Maksudnya adalah menggelar pengajian dan doa bersama sesuai adat, kepercayaan, dan agama masing-masing. Lakukan doa bersama di rumah baru beberapa hari sebelum pindah rumah dengan mengundang tetangga sekitar.

Jika memiliki dana lebih Anda juga bisa mengundang beberapa anak yatim piatu. Acara ini sekaligus momen yang tepat untuk bersilaturahmi dan memperkenalkan diri Anda dan keluarga kepada tetangga baru.

Tips Pindah Rumah

5. Beras dan air bersih

Bawalah beras dan air saat pindah rumah. Menurut Feng shui, beras melambangkan kemakmuran, sedangkan air melambangkan kelimpahan rezeki. Beras dan air bersih harus dibawa masuk lebih dahulu saat pindah rumah.

Diharapkan dengan membawa dua hal ini Anda dan keluarga selalu dilimpahi banyak rezeki yang memberikan kemakmuran bagi keluarga sehingga kehidupan menjadi lebih baik.

6. Pindah rumah dengan riang gembira

Rumah lama mungkin menyisakan banyak kenangan untuk Anda sehingga bisa jadi akan membuat Anda bersedih. Redakan dahulu kesedihan hati Anda sebelum pindah rumah. Sebaiknya awali sesuatu yang baru dengan keceriaan dan perasaan senang.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah baru dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Jadi pastikan mulai pindah rumah saat suasana hati Anda, pasangan, dan keluarga sedang berbahagia sehingga banyak senyum dan candaan terlempar yang secara tak langsung menghadirkan atmosfer positif pada hunian baru Anda.

7. Fogging/pengasapan

Lakukan fogging dan bersih-bersih rumah beberapa hari sebelum pindah ke rumah baru. Ini berguna untuk membasmi nyamuk, serangga, dan binatang liar lain yang mungkin bersarang di rumah Anda. Dengan begitu Anda akan lebih nyaman saat pindah ke rumah baru.

8. Gantungkan lonceng angin dekat jendela

Di dalam Feng Shui, lonceng angin bernada tinggi dipercaya dapat mengusir energi buruk dari dalam rumah. Jadi, gantungkan beberapa lonceng di dekat jendela Anda. Selain itu, mendengar suara lonceng akan membuat Anda lebih relaks.

 

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini