Sukses


5 Rekomendasi Aplikasi Desain Pilihan

Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda tak hanya dapat merancang desain bangunan luarnya saja, tetapi juga bagian interiornya.

Liputan6.com, Jakarta Punya gambaran rumah impian? Anda bisa merancangnya mulai dari sekarang, loh! Tidak perlu jadi arsitek, kok, syaratnya juga cukup punya smartphone saja. Ya, saat ini sudah banyak sekali aplikasi desain yang dapat membantu Anda merancang rumah impian.

(Baca juga: 5 Aplikasi Keuangan yang Bisa Bantu Anda Cepat Punya Rumah)

Hadirnya aplikasi desain ini tentunya juga dapat membantu mempermudah pekerjaan Anda yang berprofesi sebagai desainer atau arsitek bangunan. Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda tak hanya dapat merancang desain bangunan luarnya saja, tetapi juga bagian interiornya.

Menarik, kan?! Dan berikut adalah lima aplikasi desain terbaik pilihan Rumah.com.

1. Floor Plan Creator

Keunggulan dari aplikasi ini yaitu adanya fungsi Augmented Reality yang dapat memunculkan visualisasi hasil rancangan yang telah Anda buat.

Inilah aplikasi khusus Android yang dapat membantu Anda membuat denah rancangan bangunan secara detail dan terperinci. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur Addfurnitur untuk merancang bagian interior rumah dan satu set kamar yang telah ditetapkan.

Namun, Anda dapat mengubah atau mengedit desain set kamar tersebut sesuai dengan keinginan. Keunggulan dari aplikasi ini yaitu adanya fungsi Augmented Reality yang dapat memunculkan visualisasi hasil rancangan yang telah Anda buat.

Dengan fungsi tersebut Anda dapat memunculkan rancangan tersebut dalam bentuk 3D di kamera Android Anda sehingga memudahkan Anda untuk visualisasi rancangan yang telah kita buat.

2. Design Dimensions

Tersedia fitur untuk mengonversi dimensi pengukuran sehingga nantinya akan otomatis menghitung kemungkinan ruang yang tersedia untuk membangun bagian rumah.

Aplikasi ini berguna untuk urusan arsitektur dan desain interior. Aplikasi ini akan mempermudah Anda untuk mendapatkan dimensi yang sesuai dengan proyek desain rumah yang sedang dikerjakan.

Pada aplikasi yang hanya bisa Anda dapatkan di smartphone android ini juga tersedia fitur untuk mengonversi dimensi pengukuran sehingga nantinya akan otomatis menghitung kemungkinan ruang yang tersedia untuk membangun bagian rumah.

Misalnya, saat membangun kamar mandi, aplikasi ini akan meminta Anda menyesuaikan luas lahan yang tersedia untuk penempatan wastafel, toilet, dan bagian lain sehingga Anda akan mendapat gambaran untuk mendesain kamar mandi tersebut.

Aplikasi Desain Pilihan

3. 3D Interior Room Design

Anda pun dapat menambahkan perlengkapan interior lain seperti perapian, panel, tirai, dan lainnya sehingga rancangan desain yang Anda buat mendekati realistik.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat rancangan denah lantai, penyesuaian cat untuk interior, rancangan lantai, dan sebagainya dalam bentuk 3D.

Anda pun dapat menambahkan perlengkapan interior lain seperti perapian, panel, tirai, dan lainnya sehingga rancangan desain yang Anda buat mendekati realistik. Anda dapat mengunduhnya gratis di smartphone Android.

4. AutoCAD

Aplikasi ini merupakan versi mobile dari AutoCAD versi desktop, meski tak selengkap versi desktop.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para arsitek dan insinyur bangunan karena menekankan pada hal-hal teknis perancangan bangunan. Aplikasi ini merupakan versi mobile dari AutoCAD versi desktop, meski tak selengkap versi desktop. Dengan aplikasi ini Anda dapat mendesain kapan pun dan di mana pun.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian dengan harga mulai dari Rp500 jutaan)

Hasil rancangan Anda dapat disimpan dan dapat diedit kembali kapanpun Anda mau. Jika Anda berlangganan versi pro, Anda akan mendapatkan keuntungan lebih, salah satunya membuat file di mana saja karena file yang Anda simpan akan terhubung dengan cloud. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS.

5. Home Design 3D

Aplikasi ini merupakan versi mobile dari AutoCAD versi Aplikasi ini akan mempercepat pekerjaan Anda dengan hasil tekstur yang lebih bagus. Selain itu, terdapat fitur pencahayaan untuk bangunan yang kita buat sehingga dapat disesuaikan.

Aplikasi desain ini akan membantu Anda merancang model 3D dari rumah yang akan dibuat. Aplikasi ini akan menyediakan tata letak denah lantai, nantinya Anda dapat membuat dahulu desain 2D-nya, menciptakan bukaan, menambahkan dinding, dan mengubah bentuk ketebalan dinding.

Aplikasi ini akan mempercepat pekerjaan Anda dengan hasil tekstur yang lebih bagus. Selain itu, terdapat fitur pencahayaan untuk bangunan yang kita buat sehingga dapat disesuaikan.

Foto: Tekno10terbaik

Dian Probowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini