Sukses


Tips Dapatkan Penjualan yang Signifikan di Pameran Properti

Supaya booth pameran Anda ramai dan sukses mencatat penjualan yang signifikan, simak tips berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Pameran properti adalah salah satu acara promosi yang bisa membantu penjualan proyek yang dipasarkan pengembang. Nah, setelah terdaftar di acara pameran properti, ada beberapa hal yang tentunya perlu dipersiapkan oleh developer agar keikutsertaannya di pameran tidak sia-sia.

(Baca juga: Tips Developer: Hunian Luas Kini Jadi Incaran Generasi Milenial)

Ya, persiapan yang matang berpotensi menghasilkan penjualan yang bagus. Selain persiapan, ada beberapa hal yang harus dilakukan lagi seperti pada hari H dan melakukan follow up setelah acara selesai berlangsung.

Simak beberapa tips dari Rumah.com berikut ini supaya booth pameran Anda ramai dan sukses mencatat penjualan yang signifikan.

1. Datang lebih awal

Semakin awal tiba di lokasi pameran, maka lebih banyak waktu yang Anda punya untuk mendekorasi booth agar terlihat lebih menarik. Bandingkan penataan booth Anda dengan peserta pameran lain, pastikan mendapat pencahayaan yang cukup dan terlihat menarik dari kejauhan.

Jika perlu Anda bisa konsultasi dengan vendor dan desainer supaya stand terlihat lebih atraktif.

2. Diisi oleh staf yang berpengalaman

Siapakah yang akan menjaga booth selama pameran berlangsung? Jika membutuhkan tenaga penjualan seperti SPG pastikan mereka berpengalaman dan sudah diberi pelatihan (briefing) terlebih dahulu.

Penjaga booth yang ramah dan informatif bisa menarik pengunjung lebih banyak dan betah berlama-lama mampir di stand Anda.

3. Menampilkan konten yang kreatif

Booth yang bagus tidak hanya diisi oleh dekorasi cerah dan visual yang menarik. Anda juga harus menyiapkan konten yang mudah dipelajari oleh para pengunjung. Misalnya dari video atau presentasi yang ditayangkan pada layar LCD atau dari selebaran brosur yang dibagikan.

Supaya lebih menarik, buat permainan atau doorprize untuk pengunjung yang tertarik mendaftarkan diri untuk membeli proyek properti Anda (seperti NUP).

Dan pastikan konten yang ditampilkan:

  • Fokus pada proyek properti yang dipasarkan.
  • Tidak terlalu banyak gambar dan tulisan yang membingungkan untuk dibaca
  • Membuat pengunjung mendapat pengalaman melihat atau menonton video atau augmented reality proyek properti seperti berada di lokasi tersebut.
  • Membagi konten ke beberapa bagian atau jenis media yang berbeda, misalnya proyek apartemen diilustrasikan pada gambar 3D sementara proyek perumahan dibuatkan replika/maket.

Tips Sukses Ikut Pameran Properti

4. Berteman dengan tetangga penjaga booth

Meski akan sama-sama sibuk ketika acara berlangsung, namun hubungan baik dengan tetangga kanan dan kiri booth bisa membuat Anda tetap semangat dan tidak bosan seharian berada di acara pameran.

Anda mungkin akan membutuhkan mereka untuk meminjam selotip atau pengisi daya baterai, kan?

5. Catatan penting

Untuk sebagian besar pebisnis profesional, turut serta dalam pameran sebenarnya lebih kepada pencarian pembeli prospektif ketimbang menemukan pembeli dan melakukan transaksi.

Jadi apabila klosing penjualan pada acara pameran belum mencapai target, jangan khawatir. Perusahaan Anda tetap mendapatkan branding positif dari media masa dan audiens.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian dengan harga di bawah Rp1 miliar)

6. Siap-siap mengontak balik

Setelah acara pameran selesai, saatnya mengontak balik peserta dan mengubahnya menjadi transaksi penjualan. Bisa melalui telepon, email, atau chat whatsApp. Tanyakan apa kebutuhan mereka dan tindak lanjut ketertarikan pada proyek properti yang Anda pasarkan. 

7. Melakukan tinjauan ulang

Setiap uang yang Anda keluarkan untuk program pemasaran proyek tentunya harus mendapatkan tinjauan efektifitasnya. Pertama, hitung biaya peserta acara pameran yang harus dikeluarkan dan bandingkan dengan nilai transaksi penjualan yang didapat.

Kedua, tanyakan ke pengunjung acara pameran mengenai apa yang mereka suka dan tidak suka selama acara berlangsung. Dari sanalah Anda akan tahu seberapa sukses perusahaan Anda turut serta di acara pameran tersebut.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.