Sukses


Rumah Rp600 Jutaan di Depok Naik Drastis

Harga rumah tapak di Depok mengalami kenaikan cukup signifikan pada kuartal kedua 2017, setelah sebelumnya terkoreksi tajam.

Liputan6.com, Jakarta Harga rumah tapak di Depok mengalami kenaikan cukup signifikan pada kuartal kedua 2017, setelah sebelumnya terkoreksi tajam.

Rumah.com Property Index menunjukkan bahwa harga rumah di Depok di bawah Rp600 juta pada kuartal kedua (Q2) 2017 berada pada harga Rp5.900.000/m2 atau naik 4,29% secara quarter-on-quarter (q-o-q). Kenaikan ini mengindikasikan pemulihan setelah pada kuartal sebelumnya (Q1) mengalami penurunan hingga 5,48% secara (q-o-q).

Garis tren jangka panjang menunjukkan harga rumah di kategori ini sedang turun. Secara year-on-year (y-o-y), harga rumah di bawah Rp600 juta di Depok mencapai 2,8 %.

Sementara itu, volume suplai rumah di bawah Rp600 juta di Depok stagnan cenderung mengalami penurunan sebesar 0,9% Q2 2017 (q-t-q).

(Simak juga: Apartemen Depok Capai Rp16 juta/m2)

Suplai rumah di bawah Rp600 jutaan cenderung menurun karena kecenderungan harga properti di Depok mengalami peningkatan pesat. Apalagi, Pemerintah Kota Depok mengeluarkan peraturan penetapan luas tanah minimal, yakni 120m2.

"Peraturan ini sebenarnya banyak diprotes oleh pengembang, namun Pemkot Depok mengambil keputusan ini untuk menjaga keseimbangan kawasan. Seperti kita tahu, Depok sekarang sudah mulai padat," ujar Country Manager Rumah.com, Wasudewan.

"Kawasan Depok sebenarnya lebih banyak menyerap pasar kelas menengah namun dengan luas lahan 120m2, pengembang kesulitan memasang harga yang sesuai untuk kelas menengah," tambah Wasu.

Hunian di bawah Rp600 juta berupa stok lama atau proyek lama yang disetujui sebelum keluarnya peraturan penetapan luas lahan, atau hunian baru yang berada di perbatasan Depok-Bogor, seperti Sawangan dan Pondok Rajeg, dengan harga lahan yang masih terjangkau.

(Simak juga: Panduan Harga Properti Terkini)

Berdasarkan listing perumahan baru Rumah.com, perumahan baru di Depok yang berada dekat pusat kota (Margonda dan sekitarnya) dibandrol mulai Rp800 juta, seperti di Cipayung Royale Residence.

Sementara rumah yang dibandrol di bawah Rp600 juta berada di sekitar Sawangan atau kawasan lain yang berbatasan dengan Bogor, seperti Agathis Residence, yang dibandrol mulai Rp500 jutaan.

"Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai detail sebuah perumahan, termasuk akses tol terdekat, stasiun, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga analisis harganya di Review Properti Rumah.com," Wasu menutup.

Tertarik mencari rumah di Depok? Lihat pilihannya di sini dengan harga di bawah 600 jutaan!

Sumber: Rumah.com

Boy Leonard

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini