Sukses

Mau Punya Rumah? Manfaatkan Aplikasi Keuangan!

Liputan6.com, Jakarta Punya rumah sendiri adalah impian semua orang. Namun sayangnya tidak semua orang bisa menabung secara disiplin guna membeli rumah impiannya. Alhasil, resolusi membeli rumah kerap kali ditunda dari tahun ke tahun.

(Baca juga: Biar Sederhana yang Penting Mandiri Dulu. Ini 4 Trik Cepat Punya Rumah Bagi Pengantin Baru)

Padahal apabila ada niat dan tekad yang kuat, Anda bisa memiliki rumah incaran dalam waktu tiga sampai lima tahun loh! Ya, caranya sederhana, kurangi pengeluaran yang tidak diperlukan dan mulai menyisihkan minimal 30 persen dari pendapatan bulanan untuk ditabung.

Kesulitan mengatur keuangan setiap bulannya? Tenang, di era digital seperti sekarang ini Anda bisa mengandalkan aplikasi keuangan untuk membantu melacak pengeluaran secara jelas dan terperinci. Apalagi ada banyak aplikasi keuangan yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar.

Ragam fitur dan tampilan yang menarik juga bebas Anda pilih sesuai selera. Sebagai rekomendasi, Rumah.com mengulas 5 aplikasi keuangan terpopuler yang bisa bantu Anda cepat punya rumah!

1. Monefy – Money Manager

Aplikasi pengatur keuangan yang satu ini punya tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Hanya dengan satu klik Anda bisa mengisi jumlah pengeluaran di kolom yang tersedia.

Anda juga bisa membuat dan mengubah catatan, menambahkan dan menghapus kategori sesuai dengan keperluan Anda.

2. My Finances

Ini adalah aplikasi menabung yang bisa diunduh pada perangkat Android. Aplikasi ini ideal untuk mengontrol pengeluaran bulanan.

Terdapat rincian data pengeluaran yang detil sehingga Anda bisa lebih berhati-hari ketika ingin berbelanja barang yang tidak perlu. Dengan begitu Anda bisa fokus pada tujuan menabung DP rumah.

Tips Manfaatkan Aplikasi Keuangan

3. Money Lover Expense Manager

Aplikasi ini cocok digunakan untuk mencapai target jumlah tabungan tertentu. Lewat fitur savings, events, dan budget semua pengeluaran bulanan bisa terbagi secara proporsional.

Fitur savings digunakan untuk porsi menabung, events diisi untuk acara khusus seperti liburan atau kejadian tak terduga, sementara budget adalah pengeluaran bulanan seperti makanan, transportasi dan tempat tinggal. Aplikasi ini bisa diunduh pada perangkat iOS dan Android.

4. Expense IQ

Expense IQ memadukan beberapa fitur seperti pengingat tagihan, perencanaan keuangan, pengelola pengeluaran, dan catatan lainnya.

(Simak juga: Ragam pilihan perumahan dengan harga tidak lebih dari Rp500 juta)

Anda bisa mencatat pengeluaran harian dengan mudah dan cepat sehingga tidak ada pengeluaran yang terlupa untuk dicatat. Tampilan aplikasi ini juga sederhana dan mudah dipakai.

5. Mint

Mint merupakan aplikasi yang cukup populer untuk mengatur pengeluaran bulanan. Terdapat fitur pengeluaran, simpanan, anggaran, dan pendapatan yang bisa Anda isi dengan mudah.

Aplikasi gratis ini cukup intuitif dan bisa memberi gambaran tentang kondisi keuangan Anda saat ini. Mulai dari transaksi terbaru, skor kredit sampai dengan pengingat ketika Anda sudah melakukan pengeluaran berlebihan.

Selain itu, aplikasi ini juga mengirimkan kredit skor gratis ketika Anda mendaftar. Mint sangat cocok untuk Anda yang aktif menggunakan kartu kredit namun tidak ingin over budget!

Isnaini Khoirunisa

    REVIEW PROPERTY

    Lihat Semua
    Artikel Selanjutnya
    4 Cara Agar Cepat Kaya dan Punya Banyak Rumah!
    Artikel Selanjutnya
    Moms, Mau Resign dan Jadi Pengusaha? Miliki 6 Hal Ini Dulu