Sukses

7 Langkah agar Kos-kosan Jadi Nyaman

Liputan6.com, Jakarta Tinggal indekos supaya mudah menjangkau tempat beraktivitas memang terkesan mandiri dan menyenangkan. Namun hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang baru pertama kali mengalaminya.

(Baca juga: 6 Senjata Bersih-Bersih ini Wajib Dimiliki Anak Kos!)

Selain jauh dari keluarga dan teman, anak kos juga harus terbiasa menyiapkan makanan seorang diri. Tak heran, anak kos baru kerap merasakan homesick dan bawaannya ingin pulang terus pada bulan pertamanya.

Untuk mengatasi hal seperti ini, desain saja kamar kos senyaman mungkin. Dengan sedikit sentuhan, Anda juga bisa menghadirkan suasana “rumah” di kamar kos. Untuk itu simak tujuh tips dari Rumah.com agar betah tinggal di kos-kosan berikut ini.

1. Mengubah penerangan

Ciptakan kamar kos yang cerah dengan mengganti lampu standar menjadi lampu yang lebih terang atau sesuai selera pribadi Anda. Misalnya menambah aksesoris chandelier (lampu gantung).

Selain itu aplikasikan juga lampu tidur temaram dari bohlam atau lampu hias ber-watt rendah agar membuat tidur terasa lebih rileks.

2. Ciptakan kesan “home sweet home

Meskipun tinggal di unit sewa, namun Anda adalah penghuni utama disana. Jadi ciptakan perspektif bahwa inilah rumah kedua Anda sehingga tempat ini juga harus ideal bagi Anda untuk bersantai, istirahat, dan melakukan hobi.

3. Beli kotak perkakas

Sebuah kotak perkakas kecil yang berisi palu, paku, mur, gunting, solatip dan lain sebagainya adalah benda yang wajib dimiliki ketika pindah ke unit hunian baru yang berguna untuk membantu Anda ketika mengerjakan atau merapikan sesuatu.

Tips Bikin Betah Tinggal di Kos

4. Singkirkan benda yang tidak terpakai

Jika setelah menempati unit kos beberapa minggu Anda menemukan beberapa benda yang tidak terpakai, misalnya pajangan, maka mungkin saja Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

Jadi sebaiknya segera singkirkan benda yang jarang atau tidak terpakai karena unit kos adalah ruangan yang cukup sempit untuk menyimpan banyak benda.

5. Mengecat

Sebelum mengubah warna cat dinding, Anda harus meminta izin dari pemilik indekos terlebih dahulu. Anda bisa mengecat seluruh ruangan dengan bujet dibawah Rp500ribu.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah dan apartemen dengan harga di bawah Rp300 juta)

Namun apabila tidak diperbolehkan, Anda tetap bisa memberi warna pada interior dengan pilihan wallpaper temporer.

6. Manfaatkan dinding

Kelilingi ruangan dengan gambar dan karya seni yang Anda sukai. Tidak masalah menancapkan paku kecil pada dinding, asalkan sebelum meninggalkan unit indekos Anda menutup kembali lubang paku menggunakan semen dan dicat kembali.

7. Investasi pada benda yang sering digunakan

Sesuai dengan konsep home sweet home, berinvestasi membeli perabot atau benda yang Anda suka dan sering digunakan adalah hal yang utama. Jangan khawatir karena Anda bisa membawa benda dan perabot tersebut apabila pindah dari unit kos.

 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Moms, Mau Resign dan Jadi Pengusaha? Miliki 6 Hal Ini Dulu
Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga