Sukses

Jurus Mengumpulkan DP Rumah bagi Pasangan Muda

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda dan pasangan sedang berencana untuk memiliki rumah sendiri, menabung setiap bulan mestinya menjadi agenda rutin yang hukumnya wajib. Sayangnya bagi pasangan muda, menyisihkan sebagian uang untuk disimpan bukanlah perkara mudah.

(Baca juga: 6 Barang ini Tak Perlu Anda Beli, Uangnya Bisa untuk DP Rumah!)

Ya, gaya hidup konsumtif dan penyesuaian pola pengaturan keuangan menjadi tantangan tersendiri. Lantas, apa yang harus dilakukan supaya impian punya rumah segera tercapai?

Yang pertama, buat dulu target tabungan uang muka KPR. Selanjutnya, lebih cermat menghemat keuangan dengan beberapa tips dari Rumah.com berikut ini!

1. Kencan gratis

Pergi kencan ke restoran berkelas, menonton konser musisi internasional, atau pertandingan olahraga memang bisa menjadi momen berkesan. Di sisi lain, Anda dan pasangan juga harus siap dengan kondisi keuangan yang terbatas, alhasil resolusi membeli rumah pun kembali ngaret.

Solusinya Anda harus lebih kreatif mencari ide kencan yang murah meriah. Ada banyak kok ide jalan-jalan yang tidak mengeluarkan biaya.

Misalnya menonton film di festival film kebudayaan, menyaksikan pameran lukisan terbuka untuk umum, atau menonton pertunjukkan band lokal yang gratis. Hati senang, tabungan pun tenang.

2. Mendaftar ke program loyalti konsumen

Jika Anda punya pengeluaran rutin seperti belanja bulanan di supermarket, mengisi bensin kendaraan pribadi, atau membeli produk perawatan wajah di counter langganan, mengapa tidak mendaftar sebagai keanggotaan konsumen?

Biasanya ritel menawarkan program promosi menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk menghemat pengeluaran atau mendapat poin.

Tips Kumpulkan Uang DP Rumah

3. Beli perabot seken

Membeli rumah boleh yang baru, namun Anda tidak harus membeli perabot baru jika bujet tidak memungkinkan. Lebih baik membeli meja, kursi, dan lemari bekas yang bisa ditemukan di marketplace online atau garage sale.

Anda bisa menawar harga sesuai dengan anggaran yang dimiliki, kemudian sedikit merombaknya supaya terlihat baru.

4. Teliti belanja bulanan

Belanja bulanan di supermarket bisa menggerus pengeluaranan bulanan Anda dengan mudah, kecuali dilakukan dengan teliti. Untuk itu, perhatikan promosi atau diskon harga yang ditawarkan dan beli beberapa buah untuk stok simpanan.

(Simak juga: Ragam pilihan rumah dengan bujet di bawah Rp500 jutaan)

Selebihnya, cukup beli barang yang sudah dicatat dalam daftar pembelian supaya tidak membeli benda lain yang tidak penting.

5. Pilih liburan ekonomis

Bila memungkinkan, lebih baik Anda memasak sendiri atau membawa bekal makanan ketika akan liburan singkat atau piknik di akhir pekan.

Cara ini bisa menghemat pengeluaran makan yang biasanya tiga kali lebih mahal di tempat objek wisata. Anda juga bisa menghemat biaya penginapan dengan membeli voucher hotel dengan harga promo.

 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
5 Tips Atur Uang bagi Pasangan Baru Seperti Raisa dan Hamish Daud
Artikel Selanjutnya
Apartemen, Solusi Tempat Tinggal untuk Pasangan Muda