Sukses

7 Langkah Bikin Rumah Bersih Bebas Alergi

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda mengalami bersin-bersin, batuk, gatal-gatal, mata berair, atau gejala mengganggu lain saat berada di rumah? Jika Anda pernah mengalaminya, mungkin saja Anda terkena alergi. Penyebab alergi memang sulit diidentifikasi, bisa karena debu, polusi, makanan laut, udara dingin, dan lain sebagainya.

(Baca juga: Inilah Barang-barang Dapur yang Banyak Kumannya!)

Terkadang rumah yang kita rasa cukup bersih dan sehat, bisa saja malah menjadi sumber penyebab alergi. Karena itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Dan tujuh langkah berikut dari Rumah.com ini bisa Anda terapkan untuk membuat rumah yang bebas alergi.

1. Bersihkan gorden

Gorden yang terpasang di rumah Anda tanpa disadari jadi alat penangkap debu sehingga debu banyak bersarang di situ. Debu yang menempel pada gorden juga bisa menyebar sehingga membuat ruangan jadi dipenuh debu dan menyebabkan banyak tungau dan kuman yang menjadi penyebab alergi.

Karena itu, bersihkan gorden di rumah secara berkala misalnya tiga minggu sekali agar selalu bersih dan tidak berdebu.

2. Bersihkan kasur dan sofa

Kasur di kamar dan sofa di ruang tamu Anda merupakan tempat pendaratan yang nyaman untuk debu. Selain itu kasur dan sofa juga merupakan tempat persembunyian yang nyaman untuk tungau dan bakteri.

Apalagi jika kelembapan di dalam ruang tidak  terjaga, tungau dan bakteri dapat berkembang dengan cepat pada kasur dan sofa Anda. Karena itu bersihkan selalu sofa dan kasur Anda setiap hari agar bebas debu dan kuman. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sela-sela lipatan.

3. Rumah bebas hewan

Beberapa orang memiliki alergi terhadap bulu hewan. Jika Anda salah satunya, sebaiknya hindari memelihara hewan di rumah. Sebab, bulu-bulu hewan yang rontok dan berterbangan di dalam ruang dapat berkembang menjadi alergen (zat yang menyebabkan reaksi alergi pada manusia).

Jika Anda tetap menginginkan adanya hewan di rumah, tempatkan ia di area luar hunian, seperti taman depan atau belakang dengan menyediakan kandang yang memadai dan bersih.

Cara Bikin Rumah Bebas Alergi

4. Bersihkan vacuum cleaners

Kita sering tidak menyadari bahwa vacuum cleaner merupakan sarang debu dan kotoran. Jika Anda rutin membersihkan rumah menggunakan vacuum, jangan lupa untuk selalu membersihkan kantong debu di bagian dalam vacuum.

Sering kali vacuum cleaner yang lama tak dibersihkan justru melepaskan partikel debu saat sedang digunakan. Partikel debu yang halus ini dapat menjadi penyebab alergi bagi penghuni rumah. Bersihkan kantong debu dengan cara dicuci hingga bersih, setidaknya lakukan sebulan sekali.

5. Hilangkan jamur di dinding

Mungkin belum banyak orang mengetahui bahwa jamur yang tumbuh pada dinding dapat menyebabkan alergi. Umumnya jamur pada dinding tumbuh karena lembap akibat atap bocor atau rembesan air hujan.

Cegah pertumbuhan jamur dengan melakukan perbaikan pada setiap kerusakan yang menyebabkan kebocoran, seperti saluran air bocor atau dinding rembes. Jamur pada dinding atau plafon dapat berterbangan menjadi partikel kecil yang menyebabkan alergi jika terhirup manusia.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian dengan lingkungan yang sehat dengan harga di bawah Rp300 jutaan)

6. Rutin bersihkan AC dan ventilasi

Filter AC dan ventilasi merupakan sarang debu di rumah Anda. Filter AC menangkap debu dari luar ruang dan menyimpannya di dalam AC tersebut.

Jika debu-debu tersebut tidak dibersihkan maka akan terus menumpuk dan dapat ikut terbang ke luar bersamaan dengan udara dingin yang diembuskan sehingga berpotensi menjadi penyebab alergi. Jadi, bersihkan filter AC dan ventilasi setiap satu bulan sekali. 

7. Gunakan air panas untuk mencuci

Air panas ampuh untuk mematikan kuman-kuman dan bakteri. Karena itu, gunakan selalu air panas untuk membersihkan dan mencuci barang-barang di dalam hunian yang berpotensi menjadi tempat bersarang debu dan kuman, seperti seprai, tirai, karpet, keset, dan pakaian sehingga rumah bebas alergi.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tangkis Gejala Flu dengan 4 Makanan Ini
Artikel Selanjutnya
Bulu Mata Bisa Lentik dalam Sebulan Tanpa Keluar Banyak Biaya