Sukses


Ini Dia Kegunaan Lain Sabun Cuci Piring

Teteskan sabun pencuci piring di sebuah mangkuk dan tambahkan air hangat, gunakan untuk membersihkan meja dan kursi di luar ruangan

Liputan6.com, Jakarta Mencuci piring memang bisa jadi salah satu pekerjaan rumah tangga yang menyenangkan, apalagi jika dikerjakan berdua dengan kekasih hati. Seperti diungkapkan pengantin baru Laudya Cynthia Bella, yang menyanjung suaminya Engku Emran karena telah membantu mencuci piring kotor.

Dalam akun Instagram Storiesnya, Bella berkata “Alhamdulillah suamiku super baik. Thank u babyhubby @iamkumbre.” Perlakukan yang diberikan Engku Emran jelas sangat membuktikan bahwa ia adalah pria yang ringan tangan.

Meninggalkan kisah Bella dan suaminya, tahukah Anda, bahwa ternyata mencuci piring punya manfaat bagi kesehatan. Melalui penelitian dengan 51 mahasiswa di Florida State University, diketahui 20 mahasiswa diantaranya mengaku mencuci piring dapat mengurangi ketegangan fikiran hingga 27%.

Tidak hanya itu, aktivitas mencuci piring juga dikatakan mampu meningkatkan kondisi mental mereka hingga 25%. Salah satu pemicunya, disebutkan adalah karena bau sabun cuci piring yang wangi dan menenangkan.

Baca juga: Langkah Tepat Mencegah Saluran Cuci Piring Tersumbat

Eits, berbicara tentang sabun cuci piring, selain untuk membersihkan perlengkapan makan dari noda, rupanya juga punya fungsi lain, lho! Mengutip artikel Rumah.com, ini dia contohnya. 

Bersihkan lantai dapur dan kamar mandi

Gunakan air hangat dan tambahkan dua sendok makan cairan sabun pencuci piring. Anda bisa menggunakan campuran ini untuk membersihkan lantai berbahan vinyl atau keramik, namun hindari penggunaan di lantai berbahan kayu karena dikhawatirkan akan merusak material.

Bersihkan wastafel

Tak hanya untuk lantai dapur saja, sabun cuci piring juga bisa membersihkan permukaan wastafel serta peralatan rumah tangga porselen hingga lampu gantung Anda. Dijamin warnanya akan mengilap kembali dan menghilangkan kekusamannya.

Bersihkan perabotan luar ruangan

Teteskan sabun pencuci piring di sebuah mangkuk dan tambahkan air hangat, gunakan untuk membersihkan meja dan kursi di luar ruangan seperti di teras atau di taman. Setelah itu bilas dengan air.

Membersihkan sepatu

Dibanding menggunakan sabun colek yang cenderung membuat kain pada sepatu kanvas Anda menjadi kaku dan kasar, menggunakan sabun cuci piring jauh lebih aman. Bahan kainnya tidak akan menjadi kasar, bahkan sabun cuci piring akan membantu kotoran dan minyak lepas dari serat kain.

Rumah nyaman harga di bawah Rp1 miliar, simak puluhan pilihannya di sini!

Membersihkan velg mobil

Kesal melihat velg mobil yang dekil dan tak lagi mengilap? Pertama basahkan dengan air lalu bubuhkan cairan pencuci piring dan lap dengan spons lembut. Bilas dengan benar untuk membersihkan sisa kotoran lainnya. Velg akan kembali mengilap setelahnya.

Sebagai perangkap serangga

Tambahkan tiga tetes sabun pencuci piring dalam sebuah mangkuk berisi cuka. Bau cuka akan menarik serangga seperti lalat untuk menghampiri, sementara cairan sabun akan membuat serangga tenggelam.

Hilangkan noda karpet

Siapkan dua cangkir air hangat dan campurkan dengan satu sendok makan sabun pencuci piring. Rendam lap ke dalam campuran tersebut dan gosokkan ke noda yang mengenai karpet.

Ulangi hingga noda terserap ke dalam lap dan menghilang. Setelah itu gunakan spons yang sudah direndam air dingin dan keringkan dengan kain lap yang kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini