Sukses

Agar Apartemen Anda Cepat Laku Tersewa, Begini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta Saat ini tingkat permintaan apartemen tengah meninggi. Hal ini dipicu banyaknya pekerja di area perkotaan yang tak ingin tinggal jauh-jauh dari tempat kerjanya. Alasannya lebih praktis, lokasi dekat dengan kantor, dan fasilitas apartemen yang memadai, menjadi pertimbangan utama. 

(Baca juga: Yuk, Kontrol Pengeluaran Agar Tak Lagi Tinggal di Rumah Sewa)

Bagi Anda yang memiliki unit apartemen ‘nganggur’, jangan biarkan apartemen Anda menjadi investasi mati. Anda bisa memanfaatkan apartemen Anda jadi penghasilan tambahan dengan menyewakannya, baik sewa tahunan, bulanan, bahkan harian.

Memang tak mudah menyewakan apartemen, apalagi dengan banyaknya saingan sejenis, hotel, rumah kontrak, dan sebagainya. Nah, agar apartemen Anda tak kalah bersaing, cepat dilirik, dan tersewa, lakukan beberapa cara dari Rumah.com berikut ini.

1. Renovasi

Periksa kembali kondisi unit Anda secara menyeluruh, apalagi jika apartemen yang ingin Anda sewakan sudah lama tak dihuni. Cek kondisi bangunan, perabot, dan segala fasilitasnya seperti, AC, pemanas air, listrik, saluran air, dan sebagainya.

Jika terdapat kerusakan segera lakukan perbaikan. Jangan pernah menyewakan apartemen dalam kondisi rusak sebab akan merugikan reputasi Anda dan semakin memperburuk kondisi apartemen Anda sendiri.

Bila memiliki dana lebih lakukan sedikit renovasi interior agar tampilan lebih menarik. Selain itu lengkapi juga dengan fasilitas penunjang lain, misalnya akses internet, DVD player, atau camilan.

2. Tentukan harga yang wajar

Ketahui kondisi unit apartemen Anda untuk menentukan harga sewa. Umumnya, harga sewa apartemen berkisar 8 – 10 persen dari harga keseluruhan apartemen. Jangan lupa lakukan perbandingan harga sewa unit apartemen di kompleks apartemen Anda dan sekitarnya.

Jangan sampai Anda mematok harga terlalu tinggi dari harga pasaran yang membuat calon penyewa enggan menyewa unit Anda.

Agar Apartemen Laku Tersewa

3. Beri kesan yang baik

Siapkan unit apartemen Anda secara matang dan pastikan apartemen dalam kondisi rapi dan bersih sebelum disewakan. Hal ini penting untuk memberikan kesan baik kepada calon penyewa sehingga mereka tertarik untuk menyewa properti Anda.

Anda dapat memberikan gambaran unit apartemen melalui foto-foto yang menarik di media promosi. Jika perlu, gunakan jasa fotografer. Tak harus fotografer ternama, Anda bisa minta pertolongan teman yang jago fotografi dan dapat menangkap angle menarik dari apartemen Anda.

Usahakan foto dan deskripsi sesuai dengan keadaan sebenarnya sehingga saat showing kepada calon penyewa, mereka tidak merasa dikecewakan. Perlu diingat, kesan pertama akan berpengaruh besar terhadap keputusan mereka.

4. Gencar promosi

Ini tak kalah penting, lakukan promosi secara gencar. Saat ini sudah banyak media promosi yang dapat Anda manfaatkan, seperti media sosial. Anda juga bisa melakukan promosi word of mouth kepada kerabat dekat, melalui pesan singkat di group messenger, atau memasang iklan di media online.

(Simak juga: Ragam pilihan apartemen dengan harga di bawah Rp300 jutaan)

Saat ini juga sudah banyak perusahaan start up yang memberikan wadah promosi sewa properti dengan konsep bagi komisi, dan sebagainya. Pilih media promosi yang cocok dan menguntungkan menurut Anda.

5. Buat kesepakatan

Buatlah peraturan penyewaan apartemen yang sejelas-jelasnya mulai dari harga sewa, cara pembayaran, sanksi keterlambatan membayar, sanksi kerusakan perabot, aturan perawatan unit, dan lainnya. Jika sudah mendapat calon penyewa Anda bisa langsung sosialisasikan kepada mereka.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?