Sukses


Perhatian 4 Hal Ini Sebelum Memutuskan Beli Apartemen

Membeli properti memang membutuhkan pertimbangan yang matang karena uang yang dikeluarkan tidaklah kecil.

Liputan6.com, Jakarta Membeli properti memang membutuhkan pertimbangan yang matang karena uang yang dikeluarkan tidaklah kecil.
Namun dari segi investasi, membeli properti, terutama apartemen bisa sangat menguntungkan, karena seiring dengan waktu harga properti akan selalu naik.

Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai investasi properti. Lalu, apa sajakah poin-poin yang perlu Anda lihat? Berikut 4 alasan yang wajib Anda perhitungkan sebelum melakukan bisnis properti.

1. Lokasi

Lokasi sangat penting loh saat memilih apartemen. Tentunya semua orang menginginkan lokasi yang strategis. Apalagi buat Anda yang sangat rindu dengan ketenangan akibat kesibukan sehari-hari yang menjenuhkan, Anda membutuhkan privasi lebih dengan suasana yang santai.

Jangan lupa dengan sarana yang disediakan oleh pihak pengelola, apakah lengkap dan sesuai dengan gaya hidup Anda. Apartemen dengan kualitas terbaik tentunya dekat dengan daerah perkantoran dan pendidikan, memiliki pusat perbelanjaan, hiburan, pusat kesehatan dan rekreasi.

2. Legalitas

Perhatikan apakah sertifikat apartemen Anda murni atau di atas HPL (Hak Pengelolaan Lahan). Jika murni, berarti tanah tersebut milik developer dan bisa diperpanjang setelah habis masanya.

Sebaliknya, HGB di atas HPL berarti tanah tersebut bukan milik developer, melainkan kerja sama dengan pihak lain sebagai pemilik tanah. Setelah jangka waktu kerja sama habis, maka hak bangunan dan tanah menjadi hak pemilik tanah.

Lalu ada Strata Title, yakni hak milik atas satuan rumah susun. Maksudnya adalah pemilik memiliki secara mutlak unit apartemen tersebut, namun ada bagian apartemen tertentu yang dimiliki secara bersama. Misalnya saja, kolam renang, lobi, lift, taman dan lainnya.

3. Keamanan

Faktor keamanan tentu jadi pertimbangan lainnya. Biasanya sebuah apartemen tersedia penjagaan keamanan 24 jam dan CCTV di berbagai sudut apartemen.

4. Harga

Terakhir, tentunya harga berpengaruh dalam pertimbangan Anda. Harga rumah tanah di daerah strategis terkadang fantastis. Tapi, harga apartemen di lokasi yang juga strategis masih bisa dibilang terjangkau.

Menjawab 4 persoalan di atas, tentunya selalu ada solusi yang dapat membuat Anda tenang dalam berbisnis properti. Baru-baru ini Lippo Group telah meluncurkan proyek kota barunya, Meikarta.

Harga apartemen dimulai dari Rp 127 juta. Untungnya, pembelian properti bisa disertai dengan kredit pemilikan rumah atau apartemen selama 20-25 tahun, dengan bunga dimulai dari 8,25 persen.

Sehingga Anda bisa terbantu apabila tertarik dengan apartemen Meikarta. Pembeli juga bisa membayar booking fee hanya Rp 2 juta dan selanjutnya uang muka sebesar 10 persen. Perlu diketahui, biaya perawatan di Meikarta Rp 5 ribu per meter persegi.

Belum lagi, Meikarta dilengkapi dengan beragam fasilitas yang membuat Anda tidak mudah bosan dengan daerah sekitar.
Misalnya saja, adanya lapangan tenis, taman bermain untuk anak, kolam renang, sauna, fitness center dan lainnnya. Semua fasilitas tersebut dapat Anda gunakan secara cuma-cuma oleh penghuni.

Meikarta juga telah membangun Central Park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track, membuat taman tersebut cocok digunakan untuk bersosialisasi, rekreasi, dan bersantai, sehingga penghuni bisa menikmati kenyamanan.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini