Sukses

Ide Bikin Tempat yang Nyaman di Halaman Belakang

Liputan6.com, Jakarta Punya rumah bergaya minimalis dengan tipe 36 ‘memaksa’ kita harus pasrah dengan ukuran halaman belakang yang pas-pasan – jika tidak ingin disebut sempit. Padahal dulu cita-cita Anda adalah mempunyai rumah nyaman dengan halaman belakang yang luas sehingga bisa bersantai di sana.

(Baca juga: Rahasia Bikin Halaman Rumah Mungil Jadi Mewah)

Tapi, jangan khawatir, halaman belakang rumah yang sempit pun bisa disulap jadi area yang nyaman untuk bersantai jika Anda mendesainnya seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Ruang curhat

Tambahkan lilin di beberapa sudut sehingga area ini akan berubah menjadi tempat yang nyaman dan pas untuk dijadikan lokasi curhat.

Bila halaman belakang dijadikan area kering—bukan tempat mencuci—tambahkan kursi yang nyaman, tanaman dalam pot, serta lampu gantung dekat atap.

Jika ingin tampak lebih lebih cantik, Anda bisa menambahkan lilin di beberapa sudut sehingga area ini akan berubah menjadi tempat yang nyaman dan pas untuk dijadikan lokasi curhat.

2. Tempat membaca buku

Tambahkan kasur portable ukuran mungil lalu hias dengan seprai cantik dan bantal.

Terinspirasi dari menghias balkon, Anda pun bisa mengubah halaman belakang menjadi tempat membaca yang nyaman. Tambahkan kasur portable ukuran mungil lalu hias dengan seprai cantik dan bantal. Tambahkan meja kecil sebagai tempat meletakkan camilan dan buku.

Tips Manfaatkan Halaman Belakang

3. Ruang bersantap

Jika Anda hanya tinggal berdua dengan pasangan, Anda hanya membutuhkan meja dan dua buah kursi.

Tak punya ruang makan akibat ruangan di dalam rumah yang terlalu sempit? Anda bisa mengubah halaman belakang jadi area makan. Jika Anda hanya tinggal berdua dengan pasangan, Anda hanya membutuhkan meja dan dua buah kursi. Hias meja dan sudut halaman dengan tanaman dalam pot.

4. Tempat piknik

Sebagai meja kecil, Anda bisa menggunakan kursi bulat tanpa sandaran untuk meletakkan gelas atau botol minum.

Ini cara paling mudah untuk membuat halaman belakang jadi lebih nyaman. Jadikan halaman tersebut sebagai tempat piknik dadakan. Anda hanya butuh tikar, karpet, dan bantal. Sebagai meja kecil, Anda bisa menggunakan kursi bulat tanpa sandaran untuk meletakkan gelas atau botol minum.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian dengan fasilitas taman dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

Jika Anda membiarkan sebagian atapnya terbuka, halaman belakang menjadi area paling pas untuk menikmati udara segar.

5. Tutup dan jadikan ruang makan

Menggunakan dinding bata ekspos akan membuat ruang makan Anda seakan ada di luar.

Bila Anda butuh ruang makan sekaligus tetap menginginkan adanya halaman belakang, Anda bisa menutup halaman dan menjadikannya ruang bersantap. Buatlah lubang angin di dinding agar udara segar dapat masuk ke dalam ruangan.

Lalu, gunakan genting transparan untuk memudahkan sinar matahari masuk ke rumah Anda sehingga ruang makan tetap terang. Menggunakan dinding bata ekspos akan membuat ruang makan Anda seakan ada di luar.

 

Foto: Pinterest, Hgtv

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis