Sukses


Pengantin Baru Mau Punya Rumah Baru? Ini Tipsnya!

Dengan pengelolaan uang yang bijak dan disiplin, punya rumah sendiri bukanlah mimpi. Begini cara mudah untuk mewujudkannya!

Liputan6.com, Jakarta Setelah menggelar acara resepsi pernikahan dan melewati minggu pertama bulan madu, berarti saatnya bagi Anda dan pasangan untuk segera menghadapi kenyataan hidup dengan membuat target, melakukan perencanaan, dan mengelola keuangan rumah tangga agar cepat punya rumah.

(Baca juga: Pendidikan Tinggi Tak Menjamin Punya Rumah Sendiri!)

Ya, membeli rumah adalah impian semua pasangan, namun harga rumah yang cukup mahal membuat Anda dan pasangan harus sedikit bersabar. Namun dengan pengelolaan uang yang bijak dan disiplin, punya rumah sendiri bukanlah mimpi. Simak langkah-langkahnya yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini!

1. Buat kesepakatan

Pastikan Anda berkomunikasi dengan baik dengan pasangan mengenai target memiliki rumah. Misalnya, kapan mulai mengajukan KPR? Berapa anggaran yang ingin dialokasikan untuk uang tanda jadi dan harga rumah. Komunikasi yang baik dan lancar dengan pasangan bisa mempermudah proses penghematan dan pengeluaran, loh!

Setelah itu susun berapa bujet tabungan setiap bulan untuk pengajuan KPR. Tidak apa jika pada tahun pertama Anda mengalami kesulitan dalam penyesuaian bujet. Asalkan tetap berupaya disiplin menabung dan menjauhkan diri dari hutang.

2. Jangan beli rumah dulu!

Semua pasangan termasuk pengantin baru tentu ingin memiliki tempat tinggal sendiri yang nyaman dan bisa ditinggali sampai hari tua. Namun terkadang penyesuaian keuangan dan tahapan menabung memaksa kita harus menunda membeli rumah.

It’s okay, pengantin baru rata-rata tinggal di rumah atau apartemen sewa pada tahun pertamanya. Nikmati waktu santai bersama pasangan tanpa memikirkan biaya cicilan KPR dan perawatan rumah yang besar.

Setelah beradaptasi dengan baik maka Anda bisa mulai menabung uang tanda jadi untuk pengajuan KPR.

Rumah Baru untuk Pengantin Baru

3. Hidup sederhana

Jika Anda terlahir di tengah keluarga yang berkecukupan, tetaplah berusaha menerapkan hidup sederhana pada tahun-tahun pertama pernikahan. Kurangi belanja yang tidak perlu dan mulai disiplin menabung minimal 30 persen dari pendapatan untuk uang muka pengajuan KPR.

Keperluan membeli mobil pun bisa ditunda untuk hal yang lebih penting. Gaya hidup pasangan yang sederhana bisa memudahkan mereka untuk menabung bersama dan membuat rencana investasi untuk masa tua.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian dengan harga mulai dari Rp200 jutaan)

4. Pilih yang fungsional

Berbeda dengan 20 tahun lalu, gaya hidup praktis dan minimalis membuat rumah sederhana menjadi lebih efisien ditempati. Kini, tinggal di rumah dengan luas kurang dari 100 meter persegi adalah hal yang umum untuk keluarga muda.

Maka jangan heran apabila apartemen mulai menjadi incaran hunian keluarga selain rumah tapak. Mengenai harga, janganlah memilih rumah dengan banderol yang tinggi. Pilih yang cicilan dan uang mukanya bisa disesuaikan dengan kemampuan.

Selain itu, lokasi hunian yang jauh dari pusat kota juga bukan menjadi halangan membeli rumah. Sebab, beberapa proyek infrastruktur kini mulai dibangun supaya bisa menjangkau masyarakat komuter tiba di pusat kota dengan cepat.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini