Sukses

Agar Musim Hujan Tetap Nyaman, Simak 6 Tips ini!

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa musim hujan sebentar lagi tiba. Masalah-masalah seperti, banjir, rumah kebocoran, tampias, dinding rembes, dan sebagainya pun mulai membayangi kita.

(Baca juga: Hati-hati Teror Rayap di Musim Hujan)

Sebagai pemilik rumah, Anda tentu menginginkan hunian yang tetap nyaman saat musim hujan datang. Untuk itu, dibutuhkan persiapan yang matang sebelumnya. Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan menjelang musim hujan.

1. Periksa dan Perbaiki Talang Air

Selama musim kering atau kemarau, talang air rentan kotor karena debu dan kotoran kering. Kotoran yang jarang dibersihkan tentu akan menumpuk sehingga menyebabkan saluran air tertutup.

Hal ini akan menghambat laju air pada talang. Segera bersihkan dan buang segala tumpukan kotoran pada talang air.

Selain itu, Anda juga wajib memeriksa kondisi talang. Jika terjadi kerusakan pada talang yang berpotensi bocor atau rembes segera perbaiki agar dapat berfungsi maksimal di musim hujan.

Jika ingin mengganti dengan talang baru, buat talang air dengan ukuran yang tepat dan material berkualitas agar tahan lama.

2. Perhatikan Posisi Genteng Rumah

Mungkin ini jarang Anda lakukan, namun wajib dilakukan menjelang musim hujan. Cek posisi genteng rumah Anda. Genteng yang berantakan dapat menjadi penyebab utama kebocoran di musim hujan.

Walaupun rumah yang Anda tempati terbilang baru, tetap lakukan pengecekan. Sebab biasanya genteng dapat bergeser karena banyak hal, seperti angin atau kenakalan hewan yang melewati atap rumah.

3. Sistem Ventilasi yang Baik

Aliran udara yang cenderung dingin di musim hujan dapat menimbulkan hawa lembap jika hunian tidak memiliki ventilasi yang baik. Hawa lembap akan membuat suasana rumah tidak nyaman dan berpotensi terhadap tumbuh kembangnya bakteri.

Usahakan sistem ventilasi terpasang dengan baik. Jika curah hujan sedang tinggi Anda dapat menutup sementara, setelah reda buka kembali ventilasi untuk pergantian udara.

Antisipasi Jelang Musim Hujan

4. Saluran Air

Jika di sekitar rumah Anda terdapat saluran air, periksa kondisinya. Jika terdapat sumbatan endapan lumpur dan sampah segera bersihkan karena dapat menghambat laju air yang memicu terjadinya banjir.

Bersihkan saluran air di sekitar rumah secara berkala, setidaknya dua minggu sekali menjelang musim penghujan agar daya tampungnya maksimal. Agar hasilnya maksimal saluran air harus dibersihkan secara keseluruhan.

Karena itu, sangat baik jika Anda dapat mengajak seluruh lapisan masyaarakan di lingkungan rumah untuk bekerja bakti membersihkan saluran air.

5. Perhatikan Jaringan Listrik

Di musim hujan kabel listrik mudah rapuh dan terkelupas karena terus diterpa hawa lembap dan panas yang tinggi. Hal ini dapat berbahaya karena berisiko menyebabkan korsleting dan kebakaran. Sebaiknya periksa seluruh jaringan listrik di dalam dan luar.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian bebas banjir mulai harga Rp300 jutaan)

Pastikan seluruh kabel dan setop kontak dalam keadaan baik agar risiko korsleting dapat diminimalisasi. Jika terdapat kerusakan segera perbaiki dengan mengganti kabel baru.

6. Pangkas Tanaman

Musim hujan yang panjang dapat membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Tanaman menjadi rimbun dan berpotensi menjadi sarang nyamuk dan serangga lain. Selain itu, pohon-pohon besar yang sudah tua juga berisiko tumbang.

Karena itu pangkas semua tanaman dan pohon-pohon di sekitar rumah saat mendekati musim penghujan. Dijamin rumah menjadi lebih nyaman, aman, dan rapi.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
10 Langkah Nyata Buat Makeup Anda Awet Sepanjang Hari
Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini