Sukses

Panduan Tepat Cegah Kebakaran Rumah

Liputan6.com, Jakarta Pasangan suami-istri Nana Mirdad dan Andrew White baru saja mengalami musibah kebakaran. Beruntung, rumah yang terbakar tersebut bukan merupakan hunian yang ditempatinya, melainkan rumah yang dijadikan penginapan sewa.

Melalui akun Instagram pribadinya, Nana menceritakan kronologi di balik kebakaran rumah sewanya. Menurutnya, kejadian ini merupakan ulah dari orang-orang tidak bertanggung jawab yang membakar sampah di lahan kosong di samping rumahnya.

Sampah yang dibakar, diprediksi adalah alang-alang yang memang tumbuh cukup banyak di Bali. “Entah siapa, tapi moral story­-nya adalah STOP BURNING RUBBISH! Please, alang-alang yang terkena api menyebar hanya dalam hitungan menit. Hangus. Semua habis,” ujarnya.

Baca juga: 6 Jurus Selamat dari Kebakaran Apartemen

Belajar dari musibah yang menimpa pasangan yang sudah dikaruniai dua orang anak ini, memang sudah sepatutnya masyarakat mengetahui dan menerapkan aturan mencegah kebakaran di rumah. Dikutip Rumah.com, berikut ini diantaranya.

Merokok di dalam rumah

Hentikan kebiasaan merokok, jika memang susah untuk dihentikan, lakukan di luar rumah. Saat Anda merokok di dalam rumah, tanpa sengaja bara api dapat mengenai tirai, karpet, sofa, atau pakaian Anda.

Selain itu, sediakan wadah khusus untuk mematikan dan membuang puntung rokok, yang biasanya terdapat pasir. Jangan asal mematikan rokok dan membuangnya.

Banyak kejadian puntung rokok yang dibuang ke tempat sampah ternyata belum benar-benar padam. Baranya pun membakar kertas dan plastik yang terdapat di dalam tempat sampah hingga akhirnya api menyambar benda lain di sekitarnya.

Begitu pula saat membuangnya sembarangan ke halaman. Bara yang tersisa bisa membakar daun-daun kering atau sampah di sekitarnya dan menimbulkan kebakaran.

Simak juga: Sebungkus Rokok Bisa Beli Rumah? Bisa!

Penyimpanan bahan kimia

Ada beberapa bahan kimia yang wajib disimpan di area yang sejuk, jauh dari panas. Misalnya, cat, seluruh bahan pembersih lantai, thinner untuk membersihkan cat, dan bahan kimia lainnya.

Boleh saja Anda menyimpannya di luar rumah seperti garasi, tapi pastikan memiliki sirkulasi yang baik dan jauh dari area panas.

Penggunaan perabotan

Sebaiknya Anda berkonsentrasi saat tengah menyetrika atau ketika memanggang roti dengan toaster yang ditutup.

Kedua alat rumah tangga ini akan mengeluarkan panas tinggi yang bisa membakar benda di sekelilingnya yang terbuat dari plastik, kertas, ataupun kain. Segera matikan saat Anda tak lagi menggunakannya.

Gunakan asuransi

Asuransi kebakaran merupakan sebuah jenis polis asuransi kerugian atas harta benda yang akan melindungi struktur serta isi rumah Anda dari bahaya kebakaran. Selain itu, asuransi kebakaran juga menyediakan bantuan finansial untuk menggantikan harta benda yang hilang.

Dengan adanya asuransi ini, diharapkan kehidupan dasar Anda dan keluarga dapat kembali berjalan normal secepatnya.

Perlu diingat, polis asuransi kebakaran hanya akan mengembalikan posisi finansial kepada keadaan sebelum mengalami musibah tersebut. Tidak ada keuntungan tambahan yang akan didapat oleh tertanggung atas musibah kebakaran dari pihak asuransi.

Secara umum, risiko yang dijamin dalam sebuah polis asuransi kebakaran meliputi kebakaran yang disebabkan oleh kelalaian manusia atau penyebab lain.

Polis ini juga menjamin risiko kerusakan yang disebabkan oleh petir, ledakan dan asap yang berasal dari harta benda yang Anda telah asuransikan.

Selain itu, asuransi kebakaran juga memberikan penggantian atas benturan fisik yang terjadi akibat kejatuhan pesawat terbang dan helikopter kepada harta benda yang diasuransikan.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Pasar Guna Karya Kalideres Terbakar, 52 Kios Ludes
Artikel Selanjutnya
Restoran Warung Daun Cikini Dilanda Kebakaran Saat Idul Adha