Sukses


Mau Investasi Properti dengan Hasil Tinggi? Ini Strateginya!

Harga properti yang dipastikan selalu naik memang menjadi daya tarik tersendiri. Simak strategi investasi properti agar hasilnya tinggi!

Liputan6.com, Jakarta Berinvestasi sejatinya dimulai sejak dini. Ini merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda di masa depan. Apalagi investasi kini tak selalu berupa uang, tetapi juga bisa banyak hal, salah satunya properti.

(Baca juga: Harga Rumah Super Murah di Midnight Sale Properti Pertama di Indonesia. Awas, Kehabisan!)

Harga properti yang dipastikan selalu naik memang menjadi daya tarik tersendiri. Dan jika Anda tertarik berinvestasi di bidang properti, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ini bisa menjadi strategi tersendiri untuk Anda agar investasi yang dilakukan dapat memberikan hasil maksimal.

Dan berikut adalah strategi investasi properti hunian dari Rumah.com agar kelak mendatangkan profit yang tinggi!

Waktu yang tepat

Belilah properti di waktu yang tepat, maksudnya waktu yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan harga lebih rendah. Harga properti cenderung lebih murah saat menjelang Lebaran atau pergantian tahun ajaran baru.

Pada masa-masa tersebut banyak orang membutuhkan uang dalam waktu dekat sehingga cenderung memberi harga jual properti lebih murah agar cepat laku.

Zona yang akan berkembang

Properti di tengah kota memang strategis dan banyak dicari orang, tapi umumnya memiliki harga selangit. Mungkin ini saatnya Anda beralih memilih properti di area pinggiran kota.

Jangan memandang sebelah mata, properti di pinggiran kota dengan harga murah bisa menjadi tambang investasi Anda di kemudian hari karena nilainya akan berkali-kali lipat lebih tinggi.

Pilih zona-zona pinggir kota yang diramalkan akan berkembang pesat. Anda bisa mencari tahu melalui internet atau agen properti.

Tips Investasi Properti

Pengembangan di masa depan

Sebelum membeli properti, sebaiknya ketahui dulu pengembangan wilayah di sekitar properti tersebut di masa mendatang.

Tak masalah jika saat ini properti yang Anda beli masih sulit akses, tetapi pastikan dalam 2-3 tahun mendatang terdapat progres pembangunan fisik, seperti akses jalan tol, akses transportasi massal, sarana hiburan seperti mal, dan sarana lain yang dapat menaikkan harga jual properti di masa mendatang.

Semakin mudah akses suatu wilayah dan semakin lengkap fasilitasnya maka harga lahan akan semakin naik di masa depan.

Ikuti ke arah pengembang bergerak

Setiap pengembang selalu memiliki target pembangunan. Tentunya mereka memiliki alasan kuat yang mendasari pengembangan suatu daerah.

Tak ada salahnya Anda selalu memperbarui informasi dengan mengikuti berita dan informasi terkini dari para pengembang, misalnya mengikuti melalui akun media sosialnya, mengikuti berita di media online dan sebagainya.

(Simak juga: Ragam pilihan hunian di kawasan Cikarang mulai dari Rp200 jutaan)

Dengan begitu Anda mengetahui daerah mana yang berpotensi memiliki nilai investasi di kemudian hari.

Beli tinggi, jual lebih tinggi

Harga properti cenderung selalu naik. Namun, jika daerahnya sulit diakses, rawan banjir, atau minim akses transportasi tentu jenjang kenaikannya akan sangat lamban. Ini menjadi tidak efektif untuk nilai investasi Anda.

Jika Anda menyukai tantangan dan berani mengambil risiko, cobalah membeli properti di lokasi strategis dengan harga tinggi. Percayalah dalam 3-5 tahun, Anda dapat menjual properti tersebut dengan harga yang jauh lebih tinggi lagi. Bersakit-sakit dahulu, menuai untung kemudian.

 

Dian Probowati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.