Sukses

Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di asrama atau indekos biasanya menjadi pilihan bagi mereka yang pusat aktivitasnya jauh dari rumah. Baik untuk keperluan pendidikan atau bekerja, tinggal jauh dari keluarga pastinya akan membuat rasa homesick (rindu rumah) bagi si anak kos yang kebanyakan merupakan generasi milenial.

(Baca juga: Dekorasi Rumah Nyaman Berdasarkan Zodiak)

Untuk itulah kamar kos harus bisa memberi perasaan nyaman, hangat, dan menyenangkan untuk penghuninya. Lantas, bagaimana cara menata ruangan yang rata-rata hanya berukuran sepetak ini semaksimal mungkin? Simak beberapa tips dekorasi murah dan praktis dari Rumah.com berikut ini.

1. Aksen warna-warni

Perpaduan warna cerah dipercaya bisa meningkatkan mood positif seseorang. Setelah penat bekerja atau belajar seharian, melihat ruang kos yang colorful tentunya bisa membuat Anda lebih bersemangat.

Pilih warna favorit yang dikombinasi dengan aksen warna cerah misalnya oranye atau biru. Aplikasikan warna ini kedalam beberapa item seperti seprai, selimut atau gorden.

2. Bunga imitasi rambat

Untuk memberi kesan feminin dan ceria, hiasan bunga imitasi yang digantung pada tali juga bisa menjadi pilihan. Tidak perlu menghabiskan banyak uang karena Anda bisa membuatnya sendiri. Gantungkan bunga imitasi ini pada dinding atau di atas gorden untuk mempermanis ruangan.

3. Gorden, tirai, dan krei

Ingin memberi privasi atau sekat pada ruangan? Cukup gantungkan gorden atau tirai di dalam kamar kos. Pilih corak dan warna yang sesuai dengan selera. Supaya mudah digeser, pilih tirai yang dilengkapi dengan rel.

4. Tempat penyimpanan fleksibel

Ruangan kos kerap terlihat berantakan dengan tumpukan barang dan koleksi benda yang diletakkan berceceran. Sudah saatnya mencari alternatif tempat penyimpanan selain lemari, misalnya laci gantung vertikal atau kontainer yang bisa diselipkan dibawah ranjang tidur.

Tips Dekorasi untuk Kamar Kos

5. Hiasan gantung kreasi sendiri

Membeli poster film atau musik original untuk menghias dinding kamar kos terbilang cukup mahal. Padahal, Anda bisa kok, membuat hiasan gantung dari kreasi DIY (do it yourself).

Kumpulkan beberapa koleksi yang Anda miliki menjadi sebuah mading yang dibingkai kaca. Misalnya koleksi kartu pos, artikel band favorit, atau bahkan lukisan hasil karya sendiri.

6. Sofa atau karpet empuk

Ketika kangen dengan empuknya sofa di ruang tamu rumah, sediakan sebuah sofa beanbag di kamar kos. Pilih sofa atau karpet bertekstur lembut dan empuk supaya bisa sedikit mengobati kerinduan pulang ke rumah.

Anda bisa membeli pilihan furnitur murah meriah di garage sale atau marketplace online barang bekas terpercaya.

7. Lampu tidur kreasi sendiri

Lampu kamar dari lampu hias yang digantung di dinding kini tengah menjadi tren di kalangan generasi millenial. Anda bisa meniru atau memodifikasinya dengan tampilan berbeda misalnya memasukkan ke dalam toples kaca dan letakkan di sudut ruangan.

(Simak juga: Aneka pilihan hunian dengan bujet tidak lebih dari Rp500 juta)

8. DIY bendera gantung

Bunting flag atau bendera gantung dari potongan kertas karton segitiga terbalik juga menjadi cara praktis yang mudah untuk menghias dinding. Ada banyak template yang bisa diunduh gratis kalau Anda tak punya banyak waktu mendesain grafis. Tinggal di cetak, gunting, dan tempel!

9. Aksen monokrom

Ingin kamar kos terlihat sedikit dewasa? Aksen monokrom bisa jadi pilihan. Pilih warna putih untuk kain seprai. Kemudian pilih furnitur kayu dan aksesoris dengan warna warni seperti putih, hitam, dan abu-abu.

 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis
Artikel Selanjutnya
Tips Menata Dapur Mungil Rumah Tipe 45