Sukses


Ketahui Feng Shui Apartemen Anda

Tempat tinggal seperti apartemen yang ramah akan feng shui bisa meningkatkan keberuntungan atau hoki bagi yang menempatinya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi beberapa orang mempertimbangkan feng shui dalam menentukan tempat tinggal dan penataan ruangan menjadi sangat penting. Feng shui merupakan ilmu, kebijaksanaan dan seni yang bisa memudahkan kehidupan serta membantu untuk meraih sukses. Keselarasan dengan alam jadi pegangan.

Feng shui sendiri memiliki arti feng (angin) dan shui (air). Energi qi atau chi dibawa angin dan akan mengendap atau berhenti di air. Oleh karena itu dalam perhitungan Feng shui, pintu bangunan menjadi pokok masalah dalam menentukan arah hadap.

Tempat tinggal seperti apartemen yang ramah akan feng shui bisa meningkatkan keberuntungan atau hoki bagi yang menempatinya. Maka untuk tinggal di apartemen ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena menyangkut masalah feng shui.

Pertama perhatikan kondisi gedung tersebut. Idealnya, bangunan pada bagian belakang haruslah lebih tinggi dan besar. Begitu juga dengan bangunan yang ada di sebelah kanan dan kiri, setidaknya harus sama besar dan tinggi. Lokasi bangunan yang didirikan harus lebih tinggi dari jalan.

Bentuk dan model gedung yang seimbang serta proporsional jauh lebih baik daripada gedung yang modelnya tidak simetris dan seimbang. Paling bagus jika arah hadap gedung dan juga arah hadap pintu apartemen cocok dengan arah hadap yang baik untuk penghuni.

Arah hadap baik untuk setiap orang berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, harus dihitung dari data kelahiran (ba zi) masing masing. jika tidak mungkin untuk kedua-duanya, maka usahakanlah agar arah hadap pintu apartemen harus sesuai dengan arah yang baik penghuni.

Tidak disarankan memposisikan pintu depan dan belakang pada satu garis lurus karena energi yang masuk akan cepat keluar. Pintu belakang yang terlalu lebar dan besar juga tak baik karena artinya energi tak akan mudah berakumulasi. Penataan ini juga bisa membuat pencahayaan pada ruangan menjadi buruk.

Selain pintu belakang, pintu kamar mandi tidak boleh sejajar dengan pintu masuk karena aliran energi yang masuk akan diserap sepenuhnya oleh kamar mandi sehingga rumah kehilangan energi positif.

Tidak dianjurkan kamar mandi berada di tengah-tengah rumah karena ruang tengah dianggap sebagai jantung feng shui dimana terdapat titik yin-yang. Karena itu, area tengah sebaiknya dibiarkan terbuka dan mendapat cahaya dan sentuhan artistik yang baik.

Hindari pintu utama menghadap langsung ke lift atau pintu darurat, pilih unit apartemen yang agak jauh dari energi sibuk dari lift dan tangga. Pintu apartemen yang menghadap dengan lift atau tangga tidak baik karena energi di sekitar lift atau tangga tidak stabil. Daerah di sekitar pintu masuk haruslah selalu cukup untuk mendapatkan cahaya buatan maupun alami dan lapang.

Pintu kamar tidur jangan berhadapan secara langsung dengan kamar mandi atau dapur. Jika bersebelahan, dalam menempatkan ranjang usahakan di sisi yang jauh dari kamar mandi atau dapur.

Feng shui juga mengajarkan untuk memperhatikan arah bagi sebuah apartemen. Zona selatan-barat melambangkan tentang hubungan antara mitra. Area selatan-timur melambangkan kesejahteraan penduduk apartemen. Utara untuk sukses dalam karirnya. Pada bagian selatan berkaitan pada reputasi baik. Barat Laut, zona bertanggung jawab untuk kemitraan dan bisnis.

Wilayah timur laut yaitu simbol dari pengetahuan, pembelajaran, dan kebijaksanaan, Barat – keturunan dan keberuntungan sukses. Akhirnya, zona timur – zona bertanggung jawab dalam kehidupan keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Lebar jalan yang tidak seimbang atau terlalu lebar atau sempit dengan ukuran gedung tentunya tidak baik. Hal ini akan mempengaruhi jumlah qi (energi) yang masuk ke dalam gedung. Pencahayaan juga haruslah cukup, terlebih saat malam hari.

Air adalah hal penting untuk feng shui karena Qi atau energi akan berkumpul kalau mengenai air. Air tersebut haruslah baik secara kualitasnya dan harus lancar mengalir. Idealnya, air berada di bagian depan bangunan, bukanlah di bagian belakang.

Jika memungkinkan, pilihlah apartemen di lantai lebih atas, karena semakin tinggi, semakin sedikit unit apartemen yang ada di atasnya, artinya energi lebih enteng di unit tersebut.

Di Meikarta Cikarang yang tengah menawar ribuan unit apartemen dengan masing-masing tower memiliki  35-45 lantai, tentunya menjadi peluang untuk memilih apartemen yang pas feng shuinya.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini