Sukses


Siapa Sangka, Furnitur Nan Cantik Ini Berasal dari Rongsokan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudaah paham cara memanfaatkan barang bekas untuk perabot rumah, asalkan barang tersebut masih terlihat bagus. Namun, pernahkah terpikir untuk memanfaatkan barang rongsokan, seperti koper yang jebol, pintu yang sudah terkelupas, dan lain-lain?

Lumrah jika Anda langsung berpikir untuk membuang barang rongsokan di rumah. Bentuknya yang sudah tak sedap dipandang mengingatkan Anda akan tempat pembuangan. Namun jangan salah, barang rongsokan pun masih bisa dimanfaatkan.

Seperti dikutip dari Rumah.com, bagi Anda yang tertarik mengadopsi gaya hunian rustic atau industrial, berikut ini daftar barang rongsokan yang bisa Anda manfaatkan:

Ember jadi wastafel

Jika masih menyimpan bak penampung air yang terbuat dari sejenis kaleng, Anda tak harus membuangnya. Cek bagian bawahnya dan pastikan tidak bocor.

Setelah itu tambahkan bak penampang di bagian bawah lalu tambahkan kaki-kakinya. Ember yang tadinya sudah tak terpakai pun dapat Anda gunakan kembali sebagai wastafel.

Koper bekas jadi lemari obat

Koper tua Anda sudah out of date? Robek? Jangan dibuang. Siapa sangka koper bekas yang tadinya ingin Anda buang bisa diubah menjadi lemari obat yang digantung di dinding.

Tambahkan cermin di bagian depannya dan ubahlah bagian dalam menjadi rak kayu. Anda pun dapat menyimpan obat-obatan dan toiletries di dalamnya.

Lukisan dan pigura jadi baki

Merasa lukisan yang tergantung tak lagi sesuai dengan minat Anda? Apalagi jika piguranya sudah kusam dan lukisannya mulai memudar warnanya. Tapi, Anda tak perlu membuangnya, lukisan lama bisa digunakan untuk baki teh atau minuman hangat lainnya yang Anda siapkan sebagai jamuan sore.

(Simak juga: Tips Renovasi Rumah Mudah dan Murah)

Pintu dan Meja Kopi

Pintu jadi meja kopi

Tak punya meja kopi di rumah? Nggak masalah! Pintu usang dari rumah tua milik orangtua atau warisan keluarga bisa Anda gunakan sebagai pengganti meja. Dengan mengecatnya sedikit agar lebih mulus, pintu pun dapat menjadi meja cantik yang luas. Anda bisa memotongnya untuk menyesuaikan dengan luas ruang tamu Anda.

Meja kopi bekas jadi rak tanaman

Jika pintu menjadi meja kopi, lantas musti dikemanakan meja kopi usang Anda? Meja kopi yang sudah out of date pun dapat Anda gunakan sebagai wadah tanaman.

Lepaskan kaca yang ada di permuakaannya, dan isi bagian tengah meja dengan tanah dan tanaman yang Anda inginkan. Jangan lupa tambahkan lubang mungil di bagian bawah agar sisa air yang Anda siramkan dapat keluar dari wadah.

Pindah ke rumah baru adalah kesempatan yang baik untuk mengaplikasikan gaya industrial maupun rustic. Bagi Anda yang tertarik mencari rumah baru, lihat pilihan rumah dua lantai dengan harga mulai Rp750 jutaan di sini!

Foto: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini