Sukses


Tips Menata Dapur Mungil Rumah Tipe 45

Ukuran dapur cenderung tak lebih dari 2x3 meter. Agar dapur tetap nyaman dan memudahkan Anda memasak, sebaiknya terapkan konsep terbuka.

Liputan6.com, Jakarta Rumah dengan luas bangunan hanya 45 meter persei jelas memiliki keterbatasan ruang. Hampir setiap ruangnya berukuran sangat mungil, termasuk dapur.

Ukuran dapur cenderung tak lebih dari 2x3 meter. Agar dapur tetap nyaman dan memudahkan Anda memasak, sebaiknya terapkan konsep terbuka untuk ruang makan dan dapur. Contohnya seperti desain berikut dari Rumah.com.

Buat ruang terbuka

Buat ruang dapur menyatu dengan ruang makan, ini memberi ilusi ruang yang lebih luas, baik untuk ruang makan maupun ruang dapur. Selain itu jangan menyekat ruang makan dengan ruang keluarga, sehingga ruang tengah rumah menjadi terlihat luas.

Tempatkan jendela besar yang memungkinkan cahaya matahari menerangi ruangan Anda, lalu tambahkan bantal sofa di kursi makan.

Hias dengan lampu gantung

Percantik dapur dengan lampu gantung. Penerangan dari lampu gantung akan membuat suasana makan di dapur lebih romantis dan nyaman.

(Simak juga: Warna-Warna Dapur Ini Bikin Semangat Belajar Masak)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rak Gantung dan Warna Putih

Rak gantung

Dapur tak harus memiliki kitchen set lengkap dengan lemari dapur. Untuk menghemat ruang dan tidak memberikan kesan sempit, gunakan rak gantung untuk menyimpan peralatan makan Anda.

Rak gantung adalah rak yang 'menempel' pada tembok. Agar lebih rapi, pilih rak gantung dengan tipe 'melayang'. Rak seperti ini menempatkan besi penyangga di dalam rak itu sendiri, sehingga tak terlihat dari luar.

Dapur putih

Tak ada salahnya menggunakan dominasi warna putih untuk dapur Anda. Dapur sempit pun akan terkesan lapang jika dicat dindingnya menggunakan warna putih. Warna putih juga memberikan kesan bersih dan nyaman sehingga Anda dan keluarga yakin jika makanan yang disajikan sangat terjamin kebersihan dan nutrisinya.

Kebanyakan rumah baru saat ini mengadopsi desain ruang tengah terbuka, meminimalisir sekat antara dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Tertarik mencari rumah baru tipe 45? Lihat pilihannya di sini dengan harga mulai Rp500 jutaan!

Foto: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.