Sukses


Cikarang akan Segera Punya Apartemen Berkonsep Golf

Hunian bergaya vertikal alias apartemen di Cikarang kian menjamur. Potensi ini pun mendorong developer untuk menghadirkan konsep baru.

Liputan6.com, Jakarta Cikarang merupakan salah satu kawasan industri yang berkembang sangat pesat belakangan ini. Kawasan yang masuk wilayah kabupaten Bekasi ini sejak awal berdirinya memang sudah disiapkan untuk menjadi kawasan industri karena lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta.

(Baca juga: Pesona Jababeka Didukung 5 Infrastruktur Masa Depan)

Saat ini di Cikarang terdapat 4.000 perusahaan lokal dan asing dengan jumlah pekerja sebanyak 700 ribu orang. Dan 10 ribu orang diantaranya merupakan pekerja asing, ekspatriat. Dan hebatnya, potensi ekonominya justru paling besar di Jawa Barat dengan trafik harian jalan tol mencapai 600 ribu kendaraan.

Jika ditelisik lebih jauh, setidaknya terdapat tujuh faktor yang menjadi keunggulan dan potensi Cikarang, khususnya dari kacamata properti. Seperti:

  • Sebagai kawasan emerging district
  • Harga hunian yang terjangkau (affordable product)
  • Akses cukup baik dan terus dikembangkan (good accessibility)
  • Pertumbuhan bisnis
  • Perkembangan penduduk
  • Banyaknya tenaga kerja asing dan
  • Kebutuhan produk yang berkualitas.

Potensi ini tentu saja mendorong tingginya kebutuhan akan hunian bagi para pekerja di Kawasan Industri Cikarang, termasuk juga para pekerja asing yang bekerja di sana. Hal ini juga yang mendorong sejumlah developer untuk membangun hunian bergaya vertikal alias apartemen yang disesuaikan kebutuhan dan gaya hidup penghuninya, terutama kebutuhan bagi para ekspatriat.

Itu pula yang mendorong Grahabuana Cikarang, anak perusahaan PT Jababeka Tbk. yang mengelola kawasan residensial menengah atas Jababeka Residence bekerjasama dengan Creed Group asal Jepang, llewat penandatanganan memorandum of understanding (MoU) joint venture pengembangan lahan residensial dan komersial pada hari Senin (28/8), di Menara Batavia, Jakarta.

Di dalam MoU, kedua belah pihak sepakat untuk membentuk sebuah perusahaan patungan (joint venture) dan pengembangan apartemen kelas atas dengan konsep golf dengan total area seluas 3,7 hektar.

Proyek apartemen golf akan diberi nama “Jababeka Signature Golf Apartment” yang akan menjadi salah satu proyek teranyar milik Jababeka tahun 2017 ini. Pembagian saham antara PT Grahabuana Cikarang dan Creed Group pada proyek Jababeka Signature Golf Apartment adalah 60% dan 40%.

Sutedja S. Darmono, Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang kepada Rumah.com mengatakan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi kinerja kedua belah pihak. Apalagi kedua pihak memiliki kompetensi di bidang masing-masing yang dapat memberikan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

(Simak juga: Pilihan hunian di kawasan Cikarang dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

Creed Group memiliki portofolio produk properti menengah atas yang impresif, seperti pengembangan kondominium, apartemen, shopping mall, mixed-use development, hotel, cluster perumahan, dan lapangan golf di Asia Tenggara.

Sementara Jababeka juga memiliki kompetensi positif di bidang pengembangan kota mandiri yang memiliki populasi 1,2 juta jiwa, lebih dari 700.000 pekerja, 10.000 ekspatriat, serta menjadi tempat berbisnis bagi 1.650 perusahaan dari 30 negara.

Hampir tiga dekade, Kawasan Industri Jababeka telah berkembang menjadi sebuah kota mandiri yang dilengkapi fasilitas pemenuhan kebutuhan primer dan gaya hidup serta ramah lingkungan. Saat ini, kawasan Cikarang, termasuk Jababeka, akan menuai dampak positif dari perencanaan makro infrastruktur pemerintah.

Sebagai contoh, pembukaan akses tol baru di Cikarang yang akan terkoneksi langsung ke Kawasan Industri Jababeka, pembangunan stasiun KRL Commuter Line Cikarang, rencana jalur Mass Rapid Transit (MRT) dari Balaraja (Tangerang) hingga Cikarang (Bekasi), rencana perpanjangan jalur LRT sampai ke Cikarang dan pembangunan jalan tol layang (elevated toll road).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.