Sukses


Tips Dekorasi Resepsi Pernikahan di Rumah agar Terlihat Mewah

Sekalipun resepsi pernikahan di gelar di rumah, Anda juga tetap bisa menciptakan suasana minimalis atau shabby chic. Simak inspirasinya!

Liputan6.com, Jakarta Menggelar pesta pernikahan di rumah adalah hal yang lumrah dan biasa dilakukan banyak orang sebelum menggelar acara resepsi di gedung jadi tren. Selain lebih hemat karena tidak perlu membayar biaya sewa gedung, Anda pun jadi lebih leluasa untuk mengundang tamu.

(Baca juga: Tips Feng Shui agar Pernikahan Awet)

Keuntungan lainnya Anda juga bebas mendekorasi rumah sesuai dengan konsep yang diinginkan. Dan pada umumnya, calon pengantin melirik konsep pesta kebun ketika ingin menyelenggarakan resepsi di rumah.

Namun jika pekarangan rumah terbatas, Anda tetap bisa kok menciptakan suasana minimalis atau shabby chic di hari spesial tersebut. Simak beberapa inspirasi dekorasi pernikahan yang praktis dari Rumah.com berikut ini.

1. Bunga gantung

Jika biasanya pada resepsi di gedung bunga hanya disematkan pada pelaminan dan sepanjang karpet merah, maka coba cara lain. Gantung beberapa buket bunga segar di langit-langit untuk membuat kesan ruangan yang lega dan tinggi. Bahkan bila perlu, sematkan lampu hias agar terlihat lebih manis.

Tulis kalimat cinta atau nama Anda dan pasangan di papan tulis. Kemudian pajang di pintu masuk atau dekat meja makanan penutup.

2. Tulisan di papan tulis

Papan tulis hitam-putih bisa memberi kesan klasik dan unik pada pesta pernikahan. Tulis kalimat cinta atau nama Anda dan pasangan di papan tulis. Kemudian pajang di pintu masuk atau dekat meja makanan penutup. Bingkai papan tulis dengan warna yang selaras dengan tema dekorasi atau konsep pesta Anda.

3. Lampu meja

Selain lampu gantung di tengah ruangan, Anda juga bisa menambah pencahayaan di pesta resepsi dengan satu atau dua lampu meja yang diletakkan di sudut ruangan. Cara ini cukup ampuh membuat pesta Anda terkesan lebih mewah dan meriah.

Anda juga bisa menambah pencahayaan di pesta resepsi dengan satu atau dua lampu meja yang diletakkan di sudut ruangan.

4. Peralatan makan berwarna

Jangan hanya terpaku pada dekorasi ruangan, pemilihan alat makan seperti piring, mangkuk dan gelas yang berwarna juga bisa membuat pesta Anda terkesan berbeda. Minta vendor catering menyiapkan peralatan makan berwarna seperti biru kristal atau emas.

5. Lentera kertas gantung

Meskipun terkesan sederhana, namun deretan lentera kertas yang digantung pada plafon bisa membuat acara pernikahan lebih meriah.

(Simak juga: Aneka pilihan hunian dengan bujet di bawah Rp300 jutaan)

6. Backdrop foto

Tak lengkap jika tak ada spot khusus untuk berfoto di pesta resepsi Anda. Buat backdrop atau latar belakang foto yang cantik dengan pemilihan warna dan corak yang sesuai dengan tema dan konsep pesta. Anda bisa membuatnya sendiri dari kombinasi balon, bunga kertas dan kain sifon yang lembut.

7. Perabot kayu

Untuk memberi kesan formal pada pesta pernikahan, sebaiknya sewa meja dan kursi bermaterial kayu ketimbang plastik atau besi. Supaya terlihat lebih mewah, balut furnitur dengan kain satin berwarna senada.

8. Perbanyak dedaunan daripada bunga

Jika Anda ingin menghemat pengeluaran, maka kurangi jumlah bunga dan ganti dengan dedaunan hijau yang segar. Ada beberapa jenis daun yang berbentuk unik dan tetap terlihat mewah jika dirangkai sedemikian rupa.


Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini