Sukses


Begini Cara Menangkal Ular Masuk Rumah

Agar ular tidak menjadikan rumah Anda sebagai lokasi tempat tinggal berikutnya, lakukan cara ini untuk mencegahnya masuk ke rumah.

Liputan6.com, Jakarta Jika area tempat tinggal Anda tak jauh dari rawa-rawa, kebun yang rimbun atau adanya rumah yang terbengkalai (kosong), maka rumah Anda cukup potensial dijadikan sasaran ular untuk bersembunyi bahkan bersarang.

Hewan melata ini termasuk pintar mencari tempat sebagai rumah tinggalnya. Melihat area yang gelap dan rimbun, ular akan memilihnya menjadi tempat bersemayam.

Melansir Rumah.com, agar ular tidak menjadikan rumah Anda sebagai lokasi tempat tinggal berikutnya, lakukan cara ini untuk mencegahnya masuk ke rumah.

(Tertarik memiliki rumah baru? Simak ratusan pilihan rumah di bawah Rp500 Juta di sini)

Tutup saluran air

Selalu tutup saluran air atau saluran apa pun yang berupa lubang dengan kawat. Tak hanya mencegah ular masuk ke dalam saluran ini, kawat juga mencegah tikus masuk ke dalam saluran air.

Ganti kawat atau penutup saluran setiap bulan atau saat Anda melihatnya tak lagi kuat untuk menampung derasnya air.

Pangkas tanaman di rumah Anda

Jangan membiarkan tanaman di rumah Anda—terutama tanaman rambat—sangat rimbun. Pastikan untuk tetap membuat sinar matahari masuk dan menyinari setiap sela tanaman. Lalu, pangkas tanaman di pojokan rumah sehingga tak ada semak belukar. Area semak ini selalu disukai ular.

Baca juga: 5 Cara Bikin Tikus Malas Mampir ke Rumah

Hindari pohon besar

Jika memang pohon di rumah Anda sudah terlalu besar dan dahannya menyentuh rumah, segera potong dahan tersebut atau tebang pohonnya.

Pohon juga menjadi tempat yang dicari ular, terutama pohon yang berdaun lebat. Pilih pohon mungil yang berdaun jarang seperti ketapang kencana atau kamboja yang lebih aman.

Tambahkan ijuk

Bila belum yakin dengan menutup saluran, tambahkan ijuk pada saluran air atau saluran lainnya yang menghubungan rumah dengan lingkungan luar. Tajamnya ijuk cenderung dihindari ular karena menyebabkan permukaan tubuhnya menjadi tidak nyaman.

Buatlah rumah selalu harum

Ular tidak menyukai kondisi rumah yang bersih dan berbau menyengat, terutama jika aromanya sangat wangi. Selalu bersihkan rumah Anda, jangan biarkan ada barang yang menumpuk terutama di pojokan carport.

Pel rumah dengan karbol wangi lalu pel kembali dengan cairan pembersih lantai yang beraroma lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini