Sukses


Saat Bersih-bersih Jangan Abaikan 5 Benda ini!

Psst, bukan bagian atas lemari atau kolong meja yang sering terlewat saat dibersihkan. Inilah bagian-bagian rumah yang harus diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Lantai rumah Anda boleh saja terlihat mengilap, atau sofa di ruang keluarga sudah bebas debu. Tapi, tetap saja ada beberapa tempat atau barang yang cenderung atau seringkali Anda lupakan saat membersihkan rumah.

(Baca juga: Kiat Bikin Rumah ‘Tampak’ Bersih Secepat Kilat)

Psst, bukan bagian atas lemari atau kolong meja—yang ini, sih, Anda pasti sadar. Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, inilah bagian-bagian rumah yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih.

1. Ember penampung air

Seberapa sering Anda mencuci ember? Meski Anda sudah membaginya berdasarkan kebutuhan, misalnya ember untuk mencuci pakaian, ember untuk menampung air, ember untuk mengepel atau mencuci mobil, pasti Anda sering melewatkannya untuk membersihkannya.

Padahal, di ember penampung air misalnya, tak sedikit jentik nyamuk dan endapan air yang menempel di sisi ember. Lalu, ember yang sudah digunakan untuk mencuci atau mengepel cenderung berkerak di bagian dalam karena sisa dari sabun yang belum Anda bilas.

Sikat atau bersihkan sisi ember dengan spons agar tidak licin dan berlumut.

2. Gagang pintu

Yap, gagang pintu menjadi salah satu benda yang menyebarkan kuman dan bakteri di rumah karena setiap orang memegangnya. Apalagi gagang pintu yang mengarah ke luar rumah. Setiap kali Anda masuk, Anda pasti memegangnya.

Bersihkan gagang pintu dengan lap basah dan keringkan kembali dengan lap kering untuk menghilangkan sisa keringat di permukaannya.

3. Keset

Mengepel lantai tapi tidak mengganti kesetnya, sih, sama saja menyebarkan kuman kembali ke lantai rumah Anda. Jangan biarkan keset menjadi basah atau lepek karena menjadi sarang tumbuhnya jamur.

Selain itu jangan puas melihat keset di teras tetap kering akibat terjemur sinar matahari, karena keset ini sering menjadi alas sepatu atau sandal Anda. Bersihkan semua keset 1-2 minggu sekali.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah dengan harga di bawah Rp500 jutaan)

4. Alat kebersihan

Yakin, pel dan sapu Anda tidak kotor? Dibandingkan benda lainnya di rumah, alat kebersihan seperti sapu dan pel merupakan alat paling kotor.

Setelah Anda selesai menggunakannya, segera bersihkan sapu dari debu yang menempel, lalu jemur di bawah sinar matahari dan letakkan secara terbalik atau digantung agar ijuknya tidak rusak. Sedangkan kain pel harus segera dikucek menggunakan detergen untuk menghilangkan bakteri.

5. Mesin cuci dan selangnya

Sisa air dan sabun yang kadang masih tertinggal di mesin cuci, akan meninggalkan kerak tipis di bagian dalamnya. Selain itu, selang yang tak rutin dibersihkan akan berjamur. Mesin cuci yang penuh bakteri akan menimbulkan aroma tak sedap.

Campurkan baking soda dengan air lalu tuangkan ke dalam mesin cuci dan nyalakan mesinnya sebentar saja. Baking soda akan menghilangkan bakteri dan kuman yang ada di dalamnya. Dan bagian luar mesin cuci dapat Anda lap dengan spons.

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini