Sukses


4 Persiapan Membuat Ruang Makan Terbuka

Ketika luas rumah semakin mengerucut, Anda pun perlu pintar-pintar mengatur ruangan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika luas rumah semakin mengerucut, Anda pun perlu pintar-pintar mengatur ruangan.

Menempatkan ruang makan di area terbuka seperti halaman dapat menghemat ruangan di dalam rumah sekaligus menciptakan ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang nyaman. Agar ruang makan terbuka tampak indah, yuk, lakukan tip berikut.

Material lantai

Pilih lantai yang tahan terhadap cuaca dan mudah perawatannya. Ada beberapa material yang dapat Anda gunakan, misalnya keramik, batu alam, dek kayu, dek papan semen, dan dek komposit kayu plastik.

Untuk keramik harganya lebih terjangkau dan perawatannya pun mudah, apalagi motifnya semakin beragam. Sedangkan batu alam sangat kuat menahan beban, namun Anda butuh coating agar tidak cepat berlumut permukaannya.

Sementara lantai kayu memang lebih indah dilihat namun jika salah memilih jenis kayunya, kayu akan mudah rapuh, Anda juga perlu melapisinya dengan antirayap.

Dek papan semen jauh lebih tahan lama dan bentuknya pun dapat dipercantik menyerupai kayu. Begitu pula dengan dek komposit kayu plastik yang tentunya antirayap.

Pilih furnitur outdoor

Jangan samakan furnitur di luar rumah dengan furnitur untuk di dalam ruangan. Berhubung letaknya di luar, maka meja dan kursinya berisiko mudah rusak akibat terpaan sinar matahari dan air hujan. Pilih furnitur seperti rotan sintetis, kayu solid, atau logam yang cenderung lebih awet.

(Simak juga: Tips Menata Rumah Tipe 36 ala Instagrammers)

Cahaya harus terang

Area makan yang terang jauh lebih menyenangkan dan nyaman dibandingkan yang remang-remang—ingat ruang makan Anda bukan coffee shop atau kafe romantis. Tambahkan lampu gantung, atau lampu standing di pojok ruangan.

Untuk menambah nafsu makan, bisa tambahkan pengharum ruangan beraroma natural seperti kayu manis. Caranya, Anda cukup memanggang kayu manis di atas oven hingga aromanya harum dan tercium ke seluruh ruangan.

Tanaman dekoratif

Pastinya Anda harus mempercantik ruang makan sekaligus halaman Anda ini. Buatlah seakan-akan Anda tengah piknik di ruang terbuka.

Untuk itu, jangan ragu memperindah ruang makan dengan tanaman bunga, misalnya dengan meletakkan pot di pojok ruangan. Bahkan lebih seru jika ada kolam mungil di sudut ruangan yang suara percikan airnya menenangkan Anda.

Ruang makan terbuka tentunya membutuhkan halaman yang cukup. Tertarik mencari rumah dengan halaman yang luas? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp500 jutaan di sini!

Foto: Instagram/@kanyaka_wara_apsari

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini