Sukses

Rumah Minimalis Tapi Ingin Punya Ruang Olahraga Pribadi? Bisa!

Liputan6.com, Jakarta Punya motivasi ingin kurus, tapi selalu terganjal hawa malas untuk pergi ke gym? Mungkin Anda harus mencoba cara baru, yaitu dengan membuat ruang gym pribadi. Ya, semoga dengan memiliki ruang olahraga pribadi akan memotivasi Anda untuk jadi lebih rajin berolahraga.

(Baca juga: Alat Olahraga Murah Meriah Ini Wajib Ada di Rumah Anda)

Apalagi Anda juga tak perlu membayar biaya keanggotaan yang setiap bulannya dapat mencapai Rp500 ribu bahkan hingga Rp1 jutaan. Tapi rumah Anda sempit? Bukan masalah! Simak cara menyulap ruang menjadi tempat gym pribadi ala Rumah.com berikut ini.

Pisahkan dengan partisi

Dengan menambahkan partisi atau penyekat ruang, praktis Anda telah memiliki satu ruang kosong yang dapat Anda garap.

Jika Anda tak memiliki ruang kosong, Anda dapat menyulap ruang terbuka menjadi tempat berolahraga. Caranya sederhana, yaitu dengan membagi dua ruang yang ada. Cukup sisakan ruang sekitar 2×3 meter untuk ruang olahraga.

Gunakan partisi, seperti rak buku, panel kayu, atau kaca untuk memisahkan. Dengan menambahkan partisi atau penyekat ruang, praktis Anda telah memiliki satu ruang kosong yang dapat Anda garap.

Lapisi dengan rubber mat

Rubber mat diperlukan untuk meredam suara mesin, getaran, atau gerak benda-benda. Selain itu, rubber mat membuat lantai lebih empuk dan tidak licin sehingga dapat mengurangi risiko cedera saat berolahraga.

Memiliki sirkulasi udara

Pastikan letak ruang olahraga berada di dekat jendela agar mendapat sirkulasi udara. Hal ini penting karena saat berolahraga tubuh Anda akan berkeringat. Jika tidak ada sirkulasi udara yang baik, ruang akan terasa pengap dan panas.

Buka jendela saat sedang berolahraga agar angin dapat masuk ke dalam hunian. Akan lebih baik jika ventilasi langsung menghadap ke area taman yang dipenuhi tumbuhan hijau sehingga udara akan semakin sejuk, terutama di pagi hari.

Tambahkan rak

Setelah ruang terbentuk, Anda dapat menambahkan rak minimalis. Rak ini bisa ditempatkan di sisi ruang, atau jika Anda ingin menghemat ruang, tempatkan pada dinding ruang.

(Simak juga: Pilihan perumahan yang memiliki fasilitas olahraga dengan harga di bawah Rp500 juta)

Rak ini dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan peralatan, sepatu, dan juga tempat menaruh handuk atau botol minum saat kita berolahraga sehingga ruang tetap terlihat rapi.

Lengkapi dengan peralatan

Jangan lupa tambahkan cermin besar untuk melihat gerakan Anda sehingga mudah mengoreksi gerakan yang salah.

Hal penting selanjutnya, tentu saja Anda harus melengkapi ruang olahraga dengan peralatannya. Harga peralatan olahraga memang cukup mahal.

Jika belum sanggup membeli peralatan besar, sambil menabung Anda bisa melengkapi dengan peralatan-peralatan kecil yang praktis, seperti dumble, skipping, kettlebell, swiss ball, sit up bench, atau fitness bench.

Terpenting, alat-alat ini dapat digunakan juga untuk melatih kebugaran. Jangan lupa tambahkan cermin besar untuk melihat gerakan Anda sehingga mudah mengoreksi gerakan yang salah.

Ciptakan atmosfer semangat

Anda juga bisa menambahkan poster, foto, atau moto olahraga pada dinding ruang.

Biar Anda semakin termotivasi untuk berolahraga, ciptakan atmosfer yang dapat memacu semangat untuk berolahraga. Anda bisa menambahkan poster, foto, atau moto olahraga pada dinding ruang.

Buat papan jadwal dan progress olahraga Anda, ipod dock dan speaker bluetooth untuk menyetel musik, atau televisi pada dinding ruang.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Meski Mampu, Perlukah Borong Barang Bermerek?
Artikel Selanjutnya
Mengibarkan Semangat Kreatif di Menara Kibar