Sukses


Panduan Rawat Kolam Renang Pribadi

Kolam renang yang tak terurus berisiko menjadi sarang penyakit. Npun akan tertarik menjadikannya tempat berkembang biak.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa di antara Anda tentu pernah bercita-cita memiliki kolam renang pribadi saat punya rumah nantinya. Ketika Anda berhasil mewujudkannya—minimal punya kolam renang mungil untuk mempercantik sekaligus memudahkan Anda berolahraga—Anda pun butuh info tentang cara merawatnya.

Pasalnya kolam renang yang tak terurus berisiko menjadi sarang penyakit karena nyamuk pun akan tertarik menjadikannya tempat berkembang biak. Yuk, simak cara merawat kolam renang pribadi.

Perhatikan kondisi air

Air kolam renang membutuhkan perawatan teratur agar kadarnya tetap seimbang—sehingga Anda tidak akan iritasi mata dan kulitnya saat berenang. Ada beberapa bahan kimia yang umum digunakan agar air tetap jernih.

Misalnya, klorin yang berfungsi mengikat kotoran agar air kolam tetap bersih. Klorin sebaiknya dimasukkan ke dalam kolam saat sore atau malam karena panasnya sinar matahari bisa menurunkan kadar klorin.

Bahan kimia lainnya adalah cyanuric acid, yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH dalam air agar klorin berfungsi maksimal menjernihkan air. pH air yang direkomendasikan adalah antara 7,2-7,8. Terakhir Anda butuh Algaecide yang akan mencegah timbulnya lumut di kolam renang.

Pel lantai sekitar kolam

Gunanya untuk mencegah bakteri serta mencegah lumut yang akan membuat lantai menjadi licin. Lantai sekitar kolam yang licin berisiko menyebabkan kecelakaan bagi yang melintasinya. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang bisa menghilangkan kerak.

(Simak juga: Membuat Kolam Renang Pribadi di Lahan Sempit)

Bersihkan air dari daun

Segera bersihkan air kolam dari daun dan serangga jika Anda melihatnya. Gunakan jaring halus untuk mengangkat kotoran, karena adanya daun kering dan kotoran lainnya memicu pertumbuhan bakteri di dalam air.

Gunakan penyaring air

Akan lebih baik jika ada alat penyaring air yang biasanya digunakan oleh kolam renang umum. Alat ini akan menjaga air kolam tetap bersih dan jernih.

Biasanya alat berupa pengisap bawah air yang akan menghilangkan lumut atau kotoran yang mengendap di dasar kolam.

Beberapa perumahan baru menyediakan hunian dengan fasilitas kolam renang pribadi, seperti Royale Hill di Kemang, Jakarta Selatan. Namun, bagi Anda yang mencari hunian yang lebih terjangkau, bisa memilih perumahan dengan fasilitas kolam renang untuk umum atau untuk penghuni kompleks. Tertarik? Lihat pilihannya dengan harga mulai Rp750 jutaan di sini!

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini