Sukses


Seberapa Penting Memiliki Apartemen di Zaman Modern Saat Ini

Tren hunian vertikal atau apartemen semakin meningkat dan menyebar ke berbagai kota-kota besar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Tren hunian vertikal atau apartemen semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pengembang yang membangun apartemen pun makin bertambah.

Tak hanya di Ibukota Jakarta dan daerah penyanggahnya, bangunan apartemen juga banyak berdiri di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan. Faktor apa yang membuat tren hunian apartemen meningkat dan seberapa pentingkah kita memiliki apartemen?

1. Lahan Terbatas dan Harga Tanah Tinggi

Banyaknya pembangunan infrastruktur diperkotaan membuat lahan untuk hunian makin sempit. Hal ini membuat harga tanah per meter persegi jadi semakin mahal. Sehingga untuk memiliki rumah tapak dikota butuh modal besar. Apartemen pun menjadi pilihan untuk memiliki hunian dalam waktu singkat.

2. Lokasi Strategis dan Dekat Kantor

Jika anda bekerja di daerah perkotaan. Maka memiliki apartemen terutama daerah dekat kota dan fasilitas transportasi sangat penting. Karena bisa menekan biaya transportasi dan tanpa banyak buang waktu. Waktu diperjalanan maupu waktu bersama keluarga.

3. Mudah Perawatannya

Kelebihan tinggal di apartemen adalah Anda tak harus banyak melakukan perawatan hunian. Apakah itu membersihkan halaman, tapi, saluran air, dan lain-lain. Kalau ada kerusakan tidak kesulitan mencari tukang atau pekerja karena akan difasilitasi oleh pengelola apartemen. Begitu pun ketika ingin renovasi, Anda tidak banyak mengalami kesulitan karena hunian tidak terlalu luas.

4. Hidup Lebih Praktis dan Terjangkau

Para pengembang besar tentu tak hanya membangun hunian saja melainkan juga fasilitas umum pendukung lainnya. Seperti kolam renang, tempat fitness, pusat perbelanjaan, dan lain lain. Untuk apartemen yang berada di kawasan kota mandiri bahkan dilengkapi fasilitas rumah sakit, sekolah dan akses transportasi menuju tempat kerja.

Terbaru adalah Kota Mandiri yang tengah dibangun oleh Lippo Group di daerah Cikarang, Jawa Barat bernama Meikarta. Di sana tersedia apartemen Meikarta dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 127 Juta. Lippo Group sebagai pengembang turut membangun fasilitas dan infrastruktur modern untuk membuat penghuni apartemen Meikarta bisa hidup lebih nyaman, praktis, terangkau dan bahagia.

5. Potensi Investasi

Faktor berikutnya yang membuat trend apartemen meningkat dan kita perlu memilikinya adalah potensi investasinya yang besar. Ketika anda membeli masih dalam bentuk desain atau rencana, maka ketika sudah jadi dan bisa ditempati harganya bisa naik hingga 50 persen.

Jika tidak ditempati, apartemen juga mudah untuk dijual dan disewakan. Harga apartemen pun tentu semakin meningkat dari tahun ke tahun. Nilainya tak kalah dengan nilai jual rumah tapak.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi trend hunian apartemen. Dari sini, Anda bisa memperkirakan apakah perlu memiliki apartemen saat ini baik untuk hunian maupun investasi?

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini