Sukses


Makin Gemuk di Rumah? Salahkan Rumah Anda!

Jangan menyalahkan kalori makanan yang Anda asup, cek kondisi rumah dulu.

Liputan6.com, Jakarta Sebisa mungkin Anda selalu menghabiskan waktu akhir pekan di rumah untuk menghemat pengeluaran bulanan. Tapi, setelah sebulan lebih sering nongkrong di rumah, rekan kerja mengatakan Anda malah makin gemuk.

Jangan menyalahkan kalori makanan yang Anda asup, cek kondisi rumah dulu. Pasalnya kondisi seperti inilah yang membuat berat badan Anda susah dikontrol.

Penuh barang dan berantakan

Anda pikir rumah berantakan membuat Anda tidak betah di rumah lalu memilih lari mengelilingi kompleks rumah. Sudah pasti salah.

Rumah yang berantakan dan penuh barang cenderung minim udara segar, sehingga Anda tak dapat menghirup oksigen dengan maksimal. Akibatnya Anda mudah mengantuk dan selalu menghabiskan waktu senggang untuk tidur.

Makan dengan piring putih

Yap, jangan heran jika resto banyak menggunakan piring atau mangkuk putih. Pasalnya warna putih akan mengundang selera makan Anda. Sebaliknya jika menggunakan warna piring yang gelap, selera makan Anda akan menurun.

Cobalah mengubah kebiasaan makan di rumah dengan piring putih menggunakan piring lain berwarna gelap.

Makan dengan piring besar

Menggunakan piring besar untuk makan membuat Anda mengambil porsi yang besar karena disesuaikan dengan luasnya piring. Untuk makan malam sebaiknya gunakan piring kecil.

Saat melihat makanan sudah penuh di piring Anda, Anda akan merasa porsi tersebut cukup.

(Simak juga: Kegiatan di Rumah yang Bikin Anda Sehat Sampai Tua)

Tidak memerhatikan warna cat dinding

Jika rumah Anda menggunakan warna-warna penyemangat misalnya, merah, kuning, dan oranye, nafsu makan Anda cenderung besar. Warna-warna ini memberikan efek segar sehingga Anda merasa nyaman dan nafsu makan pun terangsang.

Sebaliknya warna dingin seperti biru atau ungu muda akan menahan nafsu makan Anda. Warna dingin justru membuat Anda lebih rileks dan ingin menggunakan waktu untuk membaca atau sekadar bersantai.

Suhu AC terlalu rendah

Selain membuat listrik lebih boros, suasana rumah yang dingin membuat Anda cepat lapar dan ingin ngemil melulu. Sesekali matikan pendingin ruangan atau atur suhu AC agar tak terlalu jauh bedanya dengan suhu di luar ruangan.

Kondisi udara yang agak hangat justru membuat Anda ingin mengurangi makan karena tak ingin menambah kalori di dalam tubuh.

Banyak perumahan baru menawarkan fasilitas kolam renang, pusat kebugaran, atau sekedar jogging track. Ini bisa membantu Anda untuk lebih sering berolahraga. Tertarik pindah rumah baru? Lihat ragam pilihan perumahan dan fasilitasnya dengan harga di bawah Rp300 jutaan di sini!

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini