Sukses

Malas Berolahraga? Cara ini Dijamin Bikin Anda Semangat!

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah lama memendam niat untuk berolahraga di pagi hari. Namun kenyataannya Anda malah lebih sering mematikan alarm dan kembali tidur. Padahal berolahraga di pagi hari memiliki banyak manfaat seperti bikin tubuh sehat, mengurangi resiko penyakit jantung, dan juga membuat emosi lebih stabil.

(Baca juga: Stop Gym Membership Anda. Olahraga Saja di Rumah!)

Kenyataannya, malas berolahraga di pagi hari hanya terjadi di hari-hari pertama saja karena selanjutnya Anda malahan akan ketagihan. Simak tips cerdas dari Rumah.com berikut ini untuk memotivasi Anda.

1. Pilih Baju Olahraga di Malam Hari

Siapkan baju olahraga dengan warna yang menarik di malam hari. Perasaan Anda untuk berolahraga akan terasa lebih semangat karena sudah membayangkan pakaian apa yang akan dikenakan. Jadi, jangan ragu untuk pilih baju favorit Anda untuk berolahraga.

2. Tidur Lebih Awal

Niatkan hati untuk mempunyai waktu tidur yang cukup karena jika tidak meskipun tetap terbangun di pagi hari Anda akan merasa sangat kelelahan dan gelisah di siang harinya. Apabila Anda sudah berniat bangun lebih pagi untuk berolahraga sebaiknya usahakan untuk tidur lebih awal.

3. Siapkan Dua Alarm

Jika Anda terbiasa menekan tombol snooze ketika alarm berbunyi, akali dengan menyiapkan sebuah alarm cadangan yang berbunyi dalam dua waktu yang berdekatan.

Alarm pertama sebagai alarm tubuh untuk bangun, alarm selanjutnya diatur menyala beberapa menit kemudian sebagai tanda untuk segera beraktivitas.

4. Dengarkan Musik Favorit

Nyalakan musik yang bersemangat ketika Anda bersiap-siap dan mengenakan pakaian untuk berolahraga di pagi hari.

Studi mengatakan bahwa mendengarkan musik favorit bisa membuat otak menghasilkan hormon dopamine yang akan membuat Anda merasa bahagia dan enerjik saat mulai berolahraga.

5. Segera Nyalakan Lampu Kamar

Cahaya bisa memberikan sinyal kepada tubuh Anda bahwa ini adalah saatnya bangun tidur. Setelah mematikan alarm segera nyalakan lampu, atau jika cahaya matahari sudah terlihat Anda bisa segera membuka tirai jendela.

(Simak juga: Aneka pilihan perumahan dengan fasilitas olahraga mulai dari Rp300 jutaan)

Membiarkan kamar dalam keadaan gelap hanya akan membuat Anda merasa sulit untuk turun dari tempat tidur.

6. Makan Buah-Buahan Citrus

Riset membuktikan bahwa wangi buah-buahan citrus seperti jeruk bisa memberikan energi ekstra. Sebelum keluar rumah untuk berolahraga, cobalah makan beberapa buah tersebut agar mata Anda bisa terbuka lebar.

Jadikanlah hal ini sebagai persiapan yang rutin sehingga Anda menjadi lebih semangat dalam menjalaninya.

7. Buat Jadwal Rutin Sesuai dengan Aktivitas Anda

Jika Anda masih merasa kesulitan untuk mengatur jadwal yang tetap untuk berolahraga, cara terakhir adalah buat jadwal yang memang sesuai dengan aktivitas Anda sehari-hari.

Misal, jika Anda seorang ibu rumah tangga yang harus menyiapkan sarapan dan bekal untuk anak tentu berolahraga di pagi hari akan sulit. Anda bisa mencari waktu lain di sore hari atau setelah anak-anak berangkat sekolah. Tetap semangat dalam membuat jadwal rutin untuk berolahraga.

 

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks