Sukses


Rumah ‘Tampak’ Bersih Secepat Kilat dalam 5 Langkah

Kondisi rumah berantakan seperti kapal pecah? Bingung membereskannya mulai dari mana? Cara ini bikin rumah bersih dan rapi dengan cepat!

Liputan6.com, Jakarta Rumah yang sudah ditinggali bertahun-tahun biasanya akan memiliki perabotan serta barang-barang yang banyak sehingga lebih mudah berantakan. Dan Anda pasti akan kelabakan saat kedatangan tamu mendadak sedang rumah dalam kondisi berantakan seperti kapal pecah.

(Baca juga: Kiat Usir Bau dan Noda Ompol Secepat Kilat)

Bingung dari mana harus mulai membereskannya? Coba ikuti beberapa cara dari Rumah.com berikut ini agar rumah tampak lebih rapi dan bersih dengan cepat.

1. Kamar Mandi Utama

Tinggalkan perlengkapan yang memang Anda gunakan sehari-hari di atas meja wastafel seperti sabun, sampo dan pasta gigi.

Anda terbiasa menyimpan semua perlengkapan mulai dari make up, handuk, alat mandi, hingga obat-obatan di dalam kamar mandi? Hal inilah yang bikin ruangan terasa penuh, padahal Anda membutuhkan suasana yang rileks ketika mandi di pagi hari.

Untuk mengatasinya sortir barang-barang yang sudah lewat tanggal kadaluarsa atau tidak pernah digunakan lagi. Pilih barang yang hanya digunakan sesekali seperti lulur atau masker dan kumpulkan dalam satu wadah kemudian simpan wadah tersebut di tempat yang tersembunyi.

Tinggalkan perlengkapan yang memang Anda gunakan sehari-hari di atas meja wastafel seperti sabun, sampo dan pasta gigi.

2. Tata Kembali Ruang Keluarga

Gunakan lap berbahan microfiber untuk mengelap meja dan layar televisi yang terdapat di ruang keluarga. Rapikan majalah dan buku-buku menjadi satu tumpukan yang rapi dan gabungkan semua jenis remote dalam satu tempat.

Gembungkan bantal pada sofa dengan cara menepuk-nepuknya. Jika salah satu bagian kursi terkena noda yang susah hilang, sembunyikan dengan kain selimut sehingga terkesan seperti sebuah aksesoris ruangan.

3. Perhatikan Pintu Masuk

Pintu masuk merupakan area yang paling cepat kotor karena merupakan bagian rumah yang paling sering dilalui. Segera bersihkan dan pel bagian yang terkena kotoran dari sepatu seperti noda tanah atau pasir. Jika ada noda membandel di sela-sela lantai, gosok dan bersihkan dengan menggunakan baking soda.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah baru mulai dari Rp300 jutaan)

Rapikan sepatu dan sandal yang berserakan di pintu masuk, lebih baik jika Anda memiliki rak khusus sepatu yang tertutup sehingga tidak terlihat dari luar. Terakhir, bersihkan keset dengan cara menyikatnya atau sekedar menepuknya hingga semua kotoran keluar.

4. Periksa Tempat Cuci Piring

Bersihkan semua sisa makanan dan kotoran lain dengan menggunakan alat pembersih khusus.

Tumpukan piring kotor memang tidak sedap dipandang. Jadi sebelum tamu Anda datang ke rumah segera cuci bersih piring dan gelas kotor yang sudah menumpuk di dalam tempat cuci piring.

Kondisi tempat cuci piring juga harus diperhatikan. Bersihkan semua sisa makanan dan kotoran lain dengan menggunakan alat pembersih khusus. Campurkan juga dengan perasan buah lemon segar agar wanginya segar.

5. Gunakan Taplak Meja

Jika sehari-hari Anda tidak menggunakan taplak di atas meja, ini adalah saat yang tepat untuk Anda menggunakanya. Sebelum menggunakannya, bersihkan seluruh meja dari debu dan juga poles dengan cairan khusus mebel agar terlihat mengkilap.

Letakkan taplak di atas meja makan dan meja ruang tamu. Untuk meja kecil yang berada di sudutan ruang keluarga, gunakan syal dan tumpukan buku.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini