Sukses


Mau Bayar Tagihan Listrik Lebih Murah? Ini Rahasianya!

Kebijakan pencabutan subsidi listrik tentu akan mempengaruhi kondisi pengeluaran bulanan. Simak tips hemat listrik berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Pencabutan subsidi listrik yang tadinya hanya berlaku untuk golongan 1.300 Volt Ampere (VA) kini sudah meluas hingga golongan tarif 900 VA. Kenaikannya pun dilakukan secara bertahap selama tiga kali, mulai Januari, Maret dan Mei 2017.

(Baca juga: Pssst!… Ini Rahasia Agar Pulsa Listrik Anda Awet Sampai Akhir Bulan)

Kebijakan ini tentu saja bisa mempengaruhi kondisi pengeluaran bulanan. Jangan mau bayar mahal! Simak tips hemat listrik ala Rumah.com yang bisa Anda lakukan di rumah berikut ini.

1. Cabut Kabel dari Saklar Saat Tidak Digunakan

Hindari kebiasaan meninggalkan barang elektonrik dengan kabel yang masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off karena listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut.

Kebiasaan ini akan membuat Anda harus membayar tagihan listrik yang terbuang percuma. Sebaiknya, cabut kabel peralatan elektronik dari saklar untuk memutuskan daya listrik.

2. Hemat Pemakaian Lampu

Gunakan lampu hanya benar-benar saat dibutuhkan. Di siang hari, manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama. Anda juga bisa menggunakan lampu hemat energi seperti lampu LED yang relatif lebih sedikit menggunakan listrik.

Siasat ini dapat menekan tagihan listrik bulanan serta mengurangi ketergantungan terhadap listrik.

3. Bijak Menggunakan AC

Tahukah Anda bahwa AC atau mesin pendingin udara bekerja menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan alat elektronik lain?

Bila Anda sudah terbiasa menggunakan AC, pilih yang hemat energi dan memiliki kemampuan untuk menaikkan atau menurunkan suhu secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit atau bahkan tidak ada orang. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan atau jumlah orang yang ada,

4. Perhatikan Penggunaan Kulkas

Kulkas juga dikenal sebagai peralatan elektronik yang menggunakan listrik cukup banyak dan selalu nyala dalam 24 jam. Perhatikan penggunaan kulkas dan pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat dan hanya dibuka seperlunya.

Hindari menjejali kulkas dengan terlalu banyak isi atau memasukkan makanan atau minuman yang panas. Anda juga harus rajin membersihkan kondesor secara rutin. Sirkulasi udara di belakang kulkas juga harus lancar maka letakkan kulkas jauh dari sumber panas.

5. Atur Penggunaan Komputer

Komputer yang berbentuk desktop mengonsumsi listrik 5 kali lebih besar daripada laptop. Anda bisa mengatur penggunaan komputer untuk bisa menghemat listrik. Contohnya, pilih resolusi dan tingkat kecerahan rendah kemudian aktifkan wallpaper dan screen saver.

(Simak juga: Aneka pilihan perumahan berudara sejuk mulai harga Rp300 jutaan)

Atur setelan waktu agar monitor mati otomatis setelah beberapa saat tidak dipakai.

6. Matikan Alat Elektronik 

Apakah Anda masih suka membiarkan TV menyala ketika tidur? Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik masih dalam keadaan menyala seperti lampu, TV, atau bahkan gadget yang sedang dalam keadaan mengisi baterai.

Selain menghemat biaya, lampu yang dimatikan dapat membuat tubuh lebih rileks serta untuk gadget dapat meminimalisir resiko kerusakan seperti baterai yang menggelembung.

 

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.