Sukses


Tips Menata Dapur Anti Sumpek

Masalahnya, memasak butuh peralatan yang tak sedikit sehingga tak jarang dapur pun menjadi sumpek.

Liputan6.com, Jakarta Dengan banyaknya tutorial memasak yang beredar di internet, belajar memasak pun menjadi lebih mudah. Bagi keluarga muda, terutama para istri, memasak sendiri menu baru menjadi sebuah 'prestasi kecil' yang cukup membanggakan.

Memasak sendiri menu baru, apalagi kalau anak dan suami menyukainya, menghadirkan rasa puas dan bangga. Masalahnya, memasak butuh peralatan yang tak sedikit sehingga tak jarang dapur pun menjadi sumpek. Kalau sudah begini, keinginan untuk belajar menu baru pun urung.

Agar hal itu tak terjadi, simak tips menata dan menyimpan peralatan dapur dari Rumah.com berikut ini:

Miliki meja simpan

Meja ini memiliki roda di bagian bawahnya sehingga dapat dipindahkan atau disimpan ke ruangan lain jika dapur sudah tak muat lagi. Di bagian dalam lemari Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan peralatan makan, lap untuk keperluan dapur, hingga beberapa makanan kemasan.

menata peralata dapur-meja simpan 

Gantungkan

Bila dinding dapur masih kosong, gunakan dinding tersebut untuk menggantungkan panci, wajan, dan peralatan lainnya yang memiliki gagang. Cara ini jauh lebih menghemat tempat dibandingkan menyimpannya dalam satu laci.

Lagipula Anda akan mudah meraihnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan—minimal untuk memasak mi instan, kan.

menata peralatan dapur-gantungkan

Gunakan sisi kosong

Bila masih ada celah, misalnya antara kulkas dengan lemari atau kitchen set, isi celah tersebut dengan rak geser. Anda bisa membuatnya sendiri dengan ditambahkan roda di bagian bawah sehingga Anda cukup menariknya keluar saat akan mengambil barang yang disimpan di dalam rak.

menata peralatan dapur-gunakan sisi kosong

 

(Simak juga: 5 Trik Bikin Dapur Sempit Terlihat Mewah)

Simpan di atas

Bagian bawah kitchen set bisa digunakan untuk menggantungkan stoples seperti ini. Gunakan lem atau sekrup untuk menahan tutup stoples. Pastikan sekrup atau lemnya cukup kuat dan jangan mengisi stoples dengan barang yang berat.

menata peralatan dapur-simpan di atas

Rak dinding

Dinding dapur dapat ditambahkan rak besar dan panjang untuk meletakkan seluruh peralatan memasak. Simpanlah berurutan berdasarkan peralatan yang paling sering digunakan di bagian terbawah hingga yang hanya digunakan beberapa bulan sekali di bagian atas.

menata peralatan dapur-rak dinding

Dapur kecil bukan halangan untuk belajar memasak. Tertarik mencari rumah berukuran kecil dengan harga terjangkau? Lihat pilihannya dengan harga di bawah Rp500 jutaan di sini!

Foto: hgtv

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini