Sukses


Rumah Seperti Baru dengan 4 Kebiasaan ini!

Sebetulnya bikin rumah supaya terlihat baru itu mudah. Coba terapkan empat kebiasaan berikut dan jangan kaget dengan hasilnya!

Liputan6.com, Jakarta Kriteria hunian idaman secara garis besar adalah tempat yang nyaman, bersih, dan tertata dengan rapi. Dan biasanya kriteria seperti itu hanya dimiliki oleh rumah atau properti baru. Padahal, memastikan supaya rumah tetap rapi dan bersih merupakan tanggung jawab pemilik rumah.

(Baca juga: Pindah ke Rumah Baru? Jangan Lupa Perhitungkan Feng Shui-nya!)

Sebetulnya tidak sulit kok, menjaga rumah supaya terlihat baru setiap saat. Sebagai permulaan, coba terapkan empat kebiasaan yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini, dan jangan kaget dengan hasilnya!

1. Punya tempat untuk setiap macam barang

Cara untuk menjaga ruangan tetap rapi adalah dengan meletakkan barang-barang sesuai dengan tempatnya. Namun sayangnya masih banyak orang lupa menyiapkan wadah yang proporsional untuk barang-barang miliknya.

Maka tak heran apabila rumah akhirnya terlihat berantakan karena dipenuhi benda yang tidak pada tempatnya setelah digunakan.

Tips mudah: letakkan wadah atau kontainer di setiap ruangan, supaya Anda bisa menyimpan setiap benda yang berserakan dengan cepat dan aman.

2. Mengurangi isi benda di rumah

Orang yang terbiasa rapi biasanya memiliki sedikit benda di dalam rumahnya. Karena hal tersebut akan meringankan tugas beres-beres hariannya. Hal yang sama juga bisa Anda terapkan di rumah.

Menumpuk benda di rumah hanya akan membuat ruangan menjadi penuh dan menambah pekerjaan rumah di akhir pekan. Untuk benda yang jarang digunakan, sebaiknya singkirkan dengan cara dijual atau didonasi kepada orang yang membutuhkan.

Tips mudah: Sebaiknya isi rumah dengan barang yang Anda perlu dan sukai saja.

3. Kebiasan bersih-bersih harian

Beberapa area di rumah ada yang rentan kotor dan berantakan dibanding ruangan lain. Itu sebab Anda wajib melakukan rutinitas bersih-bersih harian. Khususnya untuk lima hal di rumah berikut ini.

  • Merapikan kasur. Ajarkan anak untuk merapikan kasur segera setelah bangun tidur. Dengan begitu kamar tidur akan menjadi rapi dan enak dilihat.
  • Satu ruangan satu hari. Jangan memaksakan diri untuk melakukan tugas bersih-bersih rumah di akhir pekan. Sebaiknya cicil setiap hari membersihkan satu ruangan atau area di rumah.
  • Menyapu lantai. Setiap hari lantai harus dijaga kebersihannya supaya tidak menimbulkan alergi atau mengundang serangga di rumah.
  • Membersihkan countertops. Setelah memasak, meja dapur bisa menjadi kotor dan berminyak. Anda wajib mengelap countertops setiap hari supaya dapur tetap terlihat rapi.
  • Mencuci piring dan membersihkan wastafel. Di malam hari sebelum tidur pastikan tidak ada cucian piring di wastafel. Anda juga mungkin perlu membersihkan wastafel menggunakan baking soda supaya tetap bersih.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah baru dengan harga di bawah Rp300 juta)

4. Reparasi dengan segera

Rumah akan tetap terawat apabila tanda-tanda kerusakan rumah disadari oleh pemiliknya. Jika mulai terlihat talang air rusak atau dinding berjamur, jangan tunggu lama dan segera diperbaiki.

Apabila tidak mampu memperbaiki sendiri, panggil tukang yang dipercaya untuk menyelesaikannya. Pemilik rumah yang bertanggung jawab adalah mereka yang mampu menjaga rumahnya dari kerusakan permanen.

 

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.