Sukses


Trik Supaya Anak Suka Membaca Seperti Najwa Shihab

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat sudut atau ruang baca yang nyaman dan menarik di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Lazimnya, orang cerdas pasti hobi membaca. Di Indonesia, contoh nyatanya bisa dilihat sendiri seperti para tokoh terkemuka mulai dari Gus Dur, Ki Hajar Dewantara, hingga Presiden Pertama RI Ir. Soekarno yang 70% harta kekayaannya adalah koleksi buku-bukunya.

Tidak hanya tokoh dari kaum pria, para perempuan cerdas di tanah air seperti pembaca berita kondang, Najwa Shihab, juga gemar membaca. Karena hobi membacanya, wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977 ini, sekarang menyandang gelar Duta Baca Indonesia periode 2016-2020.

Selain Duta Baca Indonesia, Najwa juga menjadi Duta Pustaka Bergerak. Jaringan literasi yang mendedikasikan untuk membangun perpustakaan bergerak dari satu wilayah ke wilayah lain dengan sarana prasarana sederhana.

Tugas Najwa adalah membangun kepedulian terhadap buku dan gerakan membaca, menyebarkan bahan bacaan ke berbagai penjuru negeri, dan ujung-ujungnya adalah meningkatkan minat baca di Indonesia. Wah, tertarik punya hobi seperti orang-orang cerdas di atas?

Jika iya, maka langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat sudut atau ruang baca yang nyaman dan menarik di rumah. Cara mendesainnya bisa dipraktekkan dengan mengikuti dua langkah mudah dari Rumah.com berikut.

Cari Area Kosong

Ruang baca biasanya menjadi kesatuan dengan ruang kerja yang luas. Nah, apabila Anda memiliki keterbatasan ruangan di rumah, ide untuk memanfaatkan ruang sudut adalah cara yang tepat.

Baca juga: Sulap Sudut Rumah Jadi Tempat Baca Mungil

Kira-kira ruang sisa yang bisa digunakan berukuran 2×2 meter. Furnitur yang harus disiapkan adalah sofa dan rak buku tinggi yang tampak seperti lemari, dan menyatu pada satu sisi dinding sehingga membentuk letter-L.

Agar lebih nyaman, Anda bisa membuat balkon minimalis yang bisa digunakan sebagai tempat duduk dan jangan lupa menambahkan bantal-bantal kecil untuk sandaran punggung.

(Pilihan rumah yang nyaman dengan harga Rp300 – Rp500 juta, simak aneka pilihannya di sini!)

Cukup Sofa Empuk

Bila area di rumah sudah penuh dan tak ada space untuk membuat ruang baca, maka solusi lain yang bisa Anda tiru adalah menempatkan sebuah sofa single atau bahkan hammock di pojok kamar tidur. Untuk menempatkan kumpulan bukunya, Anda bisa membeli sebuah nakas dengan dua atau tiga laci.

Cara lain, Anda bisa menggelar karpet dan menaruh beberapa bantal kecil di ruang keluarga. Jadi, Anda bisa mengajak serta anak-anak dan pasangan untuk membaca bersama. Siapa sangka, kegiatan ini bisa menjadi rutinitas baru bersama keluarga Anda.

Selain Najwa Shihab, menteri keuangan Sri Mulyani juga dikenal rajin membaca. Terlahir dari keluarga cendikiawan dan pendidik, Sri Mulyani kecil dididik untuk menyukai buku. Jenis bacaan tidak hanya buku-buku pelajaran tetapi juga majalah, surat kabar, dan masih banyak lagi.

Dua tokoh perempuan di atas membuktikan bahwa membaca menjadi jembatan bagi anak-anak untuk sukses di kemudian hari. Karena itu, sediakanlah ruang baca di rumah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.