Sukses

5 Pilihan Apartemen yang Cocok Buat Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran apartemen di sekitar lingkungan perguruan tinggi kini semakin menjamur. Dan bagi para pengembang, kebutuhan mahasiswa akan hunian yang mampu mengakomodir gaya hidup yang aktif menjadi lahan bisnis yang empuk. Selain itu, tingginya okupansi unit sewa di sekitar kampus juga menggiurkan bagi para orangtua, sekalian berinvestasi.

(Baca juga: Tips Developer: Strategi Pasarkan Properti untuk Generasi Milenial)

Ya, tidak sedikit pembeli apartemen datang dari kalangan orangtua yang hendak mencari tempat kost untuk anaknya di sekitar kampus. Jadi setelah si anak selesai berkuliah, unit apartemen bisa menjadi aset properti yang menguntungkan.

Lantas, apartemen seperti apa sih, yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan para mahasiswa? Selain fasilitas umum seperti kolam renang, jogging track, dan lahan parkir, tentu para mahasiswa ini membutuhkan konsep hunian yang unik dan berbeda.

Sebagai gambaran, simak lima apartemen pilihan Rumah.com yang tersebar dari tiga kota Pendidikan di Jawa Barat: Bandung, Depok, dan Bogor berikut ini.

1. Depok

Apartemen ini memiliki desain mezzanine multifungsi, tinggi plafon sekitar 3,8 m membuat ruangan menjadi luas dan lega.

Siapa yang tidak mengenal Universitas Indonesia (UI)? Sebagai salah satu perguruan tinggi bergengsi di Tanah Air, UI menarik minat banyak anak bangsa untuk meneruskan pendidikannya di kampus yang khas dengan jaket almamater kuningnya ini. Selain UI, ada banyak kampus swasta lain yang juga berdomisili di Depok.

Beberapa apartemen pun bermunculan di sekitar kota ini, salah satunya Dave Apartement. Berlokasi di area Kukusan, apartemen ini memiliki desain mezzanine multifungsi, tinggi plafonn sekitar 3,8 m membuat ruangan menjadi luas dan lega.

(Simak Juga: Tren Investasi Apartemen Dekat Kampus)

Selain itu, ada beberapa fasilitas seperti pusat kebugaran (gym), perpustakaan umum dan klub mahasiswa. Harga yang ditawarkan pun terbilang ekonomis, ketika soft launching unit studio dibanderol mulai dari Rp345 juta.

Selain Dave, ada pula Apartemen Logios Depok yang berlokasi di koridor Margonda. Dengan banderol harga mulai dari Rp390 jutaan, Logios Depok punya beberapa kelebihan seperti akses cepat menuju pusat perbelanjaan (Margo City dan Depok Town Square) dan pintu tol Cijago.

Sementara itu, terdapat fasilitas seperti Library Cafe dan Co-Working Space yang bisa menjadi tempat bersosialisasi dan belajar para mahasiswa.

2. Bandung

Meski berlokasi di koridor Jalan Raya Hegarmanah Jatinangor, Sumedang, namun terbilang strategis karena dekat dari pintu keluar tol Cileunyi.

Sebagai Kota Pendidikan, Bandung merupakan lahan empuk untuk berbisnis apartemen buat anak kampus. Di kota ini ada beberapa kampus unggulan seperti Universitas Padjajaran, ITB, IKOPIN dan IPDN. 

Apartemen Taman Melati menjadi salah satu apartemen yang membidik mahasiswa UNPAD untuk menjadi konsumennya. Meski berlokasi di koridor Jalan Raya Hegarmanah Jatinangor, Sumedang, namun terbilang strategis karena dekat dari pintu keluar tol Cileunyi.

(Simak juga: Aneka pilihan hunian yang lokasinya dekat dengan sekolah mulai harga Rp300 jutaan)

Apartemen Taman Melati Jatinangor punya cara yang kreatif untuk membidik konsumen dari generasi Millenial ini. Beberapa fasilitas seperti kolam renang luas, food court, pusat kebugaran, dan wifi gratis dipercaya bisa membuat mahasiswa betah tinggal di hunian vertikalnya.

Dengan harga mulai dari Rp500 jutaan, Taman Melati menawarkan peluang bisnis yang menggiurkan.

3. Bogor

Selain kolam renang, pusat kebugaran, dan food court, ada fasilitas lain yang cukup menarik seperti shuttle bus dan perpustakaan multimedia.

Kota hujan ini kerap disebut-sebut sebagai area sunrise properti. Maka tak heran jika lingkungan kampus IPB (Institus Pertanian Bogor) menjadi area menarik untuk digarap sebagai lahan investasi.

Ada dua apartemen yang bercokol di sekitar kampus ini. yang pertama Jasmine Park yang berlokasi di Jalan Ibrahim Adjie (Sindang Barang) No.8 dan Dramaga Tower Apartment yang terletak di Jalan Raya Dramaga.

Keduanya membanderol harga di kisaran Rp200 jutaan untuk unit studio, meski harga Dramaga Tower sedikit lebih tinggi karena menjadi bagian dari proyek superblok yang lengkap. Selain kolam renang, pusat kebugaran dan food court, ada fasilitas lain yang cukup menarik seperti shuttle bus dan perpustakaan multimedia.

 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Aneka Pilihan Dekorasi Sesuai Zodiak (Bagian 2)
Artikel Selanjutnya
Rumah Seperti Ini Cocok untuk Generasi Milenial