Sukses

Jurus Menyulap Dapur Sempit Agar Terlihat Mewah

Liputan6.com, Jakarta Setiap ruangan di rumah berpengaruh terhadap tampilan rumah sehingga memiliki peran menentukan harga jualnya. Dan dapur merupakan salah satu ruangan yang memerlukan perhatian besar. Apa pasal? Dapur yang bersih akan meningkatkan gairah memasak.

(Baca juga: Ingin Nilai Jual Rumah Anda Bagus? Jangan Keliru Mendesain Dapur!)

Namun sayangnya, dapur sangat mudah berantakan dan kotor. Hal ini disebabkan oleh banyaknya peralatan masak dan alat makan yang disimpan sehingga membuat ruangan terkesan sempit. Padahal, Anda mungkin berharap bisa memfoto hasil masakan di dapur yang fotogenik.

Supaya dapur sempit Anda terkesan lega dan mewah, simak beberapa tips penataan yang benar dari Rumah.com berikut ini.

1. Mulai dengan layout yang tepat

Dapur menjadi ruangan yang multifungsi karena menyimpan peralatan masak, tempat cuci piring, bumbu dan rempah-rempah, peralatan makan, dan alat elektronik lain seperti blender, oven, dan kulkas.

Untuk mempermudah proses pencarian, maka buat layout atau denah peletakan terlebih dahulu. Layout segitiga yang memisahkan antara kompor, wastafel cuci piring, dan kulkas kerap menjadi rumus umum.

Setelah menentukan peletakan yang pas, barulah Anda bisa mengisi sisa ruang dengan laci, rak dan peralatan lain. Biasanya kulkas diletakkan dekat pintu masuk dapur supaya mudah dijangkau.

2. Memasang kabinet dengan ketinggian yang tepat

Kabinet atau laci gantung yang dipasang tinggi memang bisa membuat ruangan terkesan tinggi, namun jangan sampai hal ini mempersulit Anda mengambil benda di dalamnya.

Sesuaikan jarak yang ideal dengan countertops dan jangkauan tangan Anda. Kemudian simpan benda yang jarang dipakai pada rak yang paling tinggi.

(Simak juga: Aneka pilihan rumah berdesain cantik mulai dari Rp500 jutaan)

3. Detil mewah pada wastafel

Untuk memberi kesan mewah pada dapur tanpa merogoh kocek dalam-dalam, pilih material wastafel dan keran yang trendi dan elegan. Selain enak dipandang, wastafel juga merupakan investasi bagus yang meningkatkan harga jual rumah Anda.

4. Cerahkan ruangan

Ketika memasuki dapur, kita cenderung menatap ke plafon dan melihat lampu yang tergantung. Untuk itu, sangat penting menghadirkan pencahayaan yang maksimal pada dapur.

Selain lampu dengan watt yang cukup besar, Anda juga boleh bermain dengan lampu gantung sederhana yang membuat kesan mewah pada ruangan.

5. Lantai elegan

Pemilihan keramik yang tepat pada dapur bisa memberi kesan yang maksimal pada ruangan. Boleh menggunakan lantai parket jika memungkinkan, namun keramik atau marmer dengan kelebaran 12 inci juga bisa memberi kesan elegan dan mewah pada dapur Anda.

 

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Aneka Pilihan Dekorasi Sesuai Zodiak (Bagian 2)
Artikel Selanjutnya
Rumah Selalu Didatangi Nyamuk? Begini Cara Mengatasinya!