Sukses

HOMEDEC: Warga Tangerang Habiskan Rp2 Juta untuk Renovasi Rumah

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak faktor yang memicu pemilik rumah memutuskan untuk melakukan renovasi. Salah satu yang paling mendasari adalah saat timbul kerusakan, seperti misalnya atap bocor atau dinding retak.

Tak melulu soal kerusakan, renovasi juga dilakukan sebagian orang yang ingin memperluas rumah, menambah jumlah kamar tidur, atau hanya sekedar mempercantik dapur.

Berdasarkan fakta yang dirilis HOMEDEC (Home Decor and Design Exhibition) , ternyata warga Jakarta dan Tangerang terbilang konsumen yang cukup aktif dalam melakukan renovasi rumah.

Inilah yang menyebabkan kedua wilayah ini menjadi pasar potensial untuk bisnis desain dan perlengkapan dekorasi hingga renovasi rumah.

Analisa dari Badan Pusat Statistik Kota Tangerang menyatakan bahwa setiap tahunnya penduduk di Tangerang meningkat 0,98% atau sebanyak 2.081.985 jiwa, atau bisa dikatakan ribuan penduduk bertambah disetiap bulannya. Itu artinya, kebutuhan rumah di wilayah tersebut ikut melonjak dahsyat.

Tak pelak, beberapa pengembang skala besar hingga kecil masih gemar membangun proyek hunian landed maupun vertikal di Tangerang.

Lihat juga: Perumahan Rp100 jutaan Berkonsep Hijau di Tangerang

Dan setiap rumah pastinya membutuhkan perabotan serta dekorasi untuk menyempurnakan hunian ideal. Lonjakan penduduk yang ada turut membawa kesegaran bagi sektor properti, serta memicu hadirnya tren dekorasi terbaru yang siap bersaing.

Hal ini juga menunjukkan bahwa potensi industri home improvement atau renovasi rumah masih sangat besar dan mungkin untuk berkembang lagi.

“Gelaran Homedec di ICE BSD tahun lalu berhasil membukukan transaksi mencapai Rp23 miliar. Jika dirata-ratakan dengan jumlah pengunjung yang datang sekitar 2 juta orang, itu bisa dikatakan mereka menghabiskan bujet sekitar Rp2 jutaan untuk mendekorasi rumahnya,” terang Andri Hermawan selaku Sales dan Project Director HOMEDEC Indonesia, saat diwawancarai Rumah.com.

Bentuk renovasi yang dilakukan mayoritas warga Tangerang, sambung Andri, kebanyakan untuk mempercantik area dapur seperti misalnya membuat kitchen cabinet atau merubah model kitchen set.

Baca juga: Rancang Dapur Minimalis Sendiri? Pahami Standar Umumnya

“Desainnya sendiri mereka lebih suka yang berbau gaya minimalis dan multifungsi. Kalau renovasi lainnya mungkin yang sifatnya lebih simpel misalnya mengganti pintu,” imbuhnya.

Incar Perabot ‘Kekinian’

Tak hanya untuk renovasi dapur, warga Tangerang juga diklaim gemar membeli furnitur dan benda-benda yang bersifat trendi. “Contohnya seperti bantal-bantal cushion yang bermotif unik, maupun sofa atau mebel yang lebih bernuansa modern minimalis,” kata Andri.

Sedikit tips bagi Anda yang hendak mengubah tampilan interior rumah dengan gaya terkini, Anda bisa memulai dengan memberi sedikit perubahan pada tampilan sofa. Caranya, ganti busa bagian dalam sofa atau menjahit ulang bagian-bagian yang sudah terlihat sedikit terbuka.

Anda pun bisa mengganti kain bagian luar sofa agar benar-benar terlihat seperti perabotan baru. Motifnya bisa disesuaikan dengan konsep ruangan plus warna yang senada.

Tips mudah lainnya, adalah mengubah tampilan ruangan dengan mempercantik dinding ruangan. Bisa dengan menambahkan lukisan, foto keluarga, mengganti cat dinding, atau bahkan hanya memberikan aksen seperti sebuah gambar bunga besar di dinding tersebut. Selamat mencoba!

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Utang First Travel Mencapai Rp 104 Miliar
Artikel Selanjutnya
Belum Bayar Sewa, Rusunawa di Tambora dan Jatinegara Disegel