Sukses

4 Keuntungan Punya Rumah Berdesain Minimalis

Liputan6.com, Jakarta Eksistensi desain rumah minimalis masih bertahan hingga kini sejak awal kehadirannya. Seakan tak pernah meredup, justru gaya hunian minimalis semakin disukai masyarakat dari berbagai lapisan.

(Baca juga: 4 Jenis Sofa yang Pas untuk Rumah Minimalis Anda)

Dan pada kenyataannya hunian minimalis selalu laku terjual dengan cepat. Itu sebab banyak developer membangun hunian dengan konsep minimalis, demikian juga dengan para arsitek rumah.

Nah, jika selama ini Anda menyukai desain minimalis karena pertimbangan estetikanya karena terkesan simpel dan indah dipandang mata, coba pelajari lebih dalam tentang gaya minimalis ini. Ya, ternyata desain minimalis bukan dibuat tanpa fungsi, loh!

Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut adalah empat alasan mengapa Anda harus memilih desain rumah minimalis.

1. Lebih sehat

Ciri utama desain minimalis, yaitu simple dan clean. Gaya desain ini umumnya menggunakan sangat sedikit sekali elemen dekoratif, hanya berupa garis-garis tegas yang menguatkan karakter hunian. Selain itu, gaya minimalis cenderung memiliki banyak bukaan pada setiap ruang.

Dengan konsep ini ruang pada hunian Anda akan terlihat lebih lega dan tidak sumpek. Banyaknya ventilasi atau bukaan pada ruang juga akan membuat hunian lebih terang dan membuat sirkulasi udara berjalan sangat baik.

Jika pencahayaan terang, sirkulasi udara lancar, dan ruang gerak lega maaka akan menciptakan energi dan mood positif bagi penghuninya. Energi yang positif tentu saja akan meningkatkan kebugaran dan kesehatan Anda.

2. Meminimalisasi debu dan kotoran

Tahukah Anda bahwa desain rumah akan memengaruhi seberapa besar kemungkinan rumah Anda akan kotor. Ya, semakin rumit desain hunian Anda maka akan semakin mengundang debu dan kotoran ke dalam hunian karena debu mudah bersarang di bagian-bagian yang tersembunyi.

Sebut saja hunian bergaya Victoria klasik dengan banyak perabot berukir, tentu membutuhkan perhatian ekstra dalam pembersihan dan perawatan. Demikian juga dengan desain minimalis.

(simak juga: Aneka pilihan perumahan bergaya minimalis dengan harga mulai dari Rp300 jutaan)

Dengan gaya desain yang simple secara tak langsung akan meminimalisasi debu dan kotoran menempel pada perabot dan ruang. Gaya desain minimalis tak membutuhkan perawatan khusus, karena untuk pembersihannya pun cukup praktis dan mudah.

3. Sederhana sehingga menenangkan

Gaya minimalis untuk beberapa orang memang dianggap membosankan karena hanya berupa bentuk-bentuk geometris yang didasari estetika.

Namun tahukah Anda bahwa dengan bentuknya yang sederhana bentuk desain ini tidak akan membawa banyak stimulus ke otak. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang karena otak berkerja lebih sedikit.

4. Warna dan relaksasi

Desain minimalis cenderung menggunakan konsep yang sama, terang dan sederhana. Kebanyakan rumah minimalis menggunakan warna-warna netral, seperti putih, hitam, abu-abu. Warna-warna terang dan menyala hanya digunakan sebagai aksen.

Warna terbaik dari rumah minimalis didapat dari cahaya-cahaya yang masuk melalui celah-celah jendela besar pada hunian. Ini akan membuat penghuni merasa relaks dan nyaman.

 

Dian Probowati

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis